5 Tips Agar Smartphone Tak Sering Cas dan Bergantung Powerbank

Minggu, 14 Juli 2019 11:00 Reporter : Indra Cahya
5 Tips Agar Smartphone Tak Sering Cas dan Bergantung Powerbank Powerbank Terbaik 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Makin canggihnya teknologi fitur smartphone serta makin rumitnya sistem operasi, membuat kian lama smartphone kerjanya makin berat. Dengan berbagai fitur lengkap, baterai pun makin terkuras.

Bagaimana tidak, penggunaan layar yang makin besar dan prosesor mumpuni sudah menjadi kewajiban. Sayangnya, kondisi itu tidak didukung dengan inovasi di bidang baterai, sehingga tidak banyak perubahan yang ditawarkan dari sisi sumber daya.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk menghemat penggunaan baterai yang kian boros. Untuk itu, berikut ini lima tips ampuh agar smartphone Android Anda tidak tergantung pada powerbank seperti dikutip dari Make Use Of via Tekno Liputan6.com.

1. Batasi Penggunaan Lokasi di Aplikasi

Salah satu tips yang kerap direkomendasikan untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Kendati demikian, cara tersebut sebenarnya tidak berakibat banyak.

Ada cara lain yang ampuh yakni mengontrol penggunaan lokasi di aplikasi. Maksudnya, Anda membatasi pembacaan posisi yang dilakukan oleh sebuah aplikasi di smartphone Android.

Untuk melakukannya, Anda tinggal membuka menu 'Settings' dan pilih 'Location'. Setelah itu, pilih 'device only' atau 'phone only' di bagian metode lokasi. Ada baiknya Anda juga menonaktifkan pemindai Wi-Fi dan bluetooth.

2. Gunakan Tema yang Berwarna Hitam

Apabila smartphone Anda memakai layar OLED (biasanya dimiliki smartphone Samsung namun masih banyak lainnya), menggunakan latar bertema hitam (dark theme) dapat meningkatkan daya tahan baterai. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar smartphone tampil lebih hitam.

Pertama, Anda dapat menggunakan wallpaper hitam. Selain itu, aktifkan pula fitur dark theme yang kini sudah ada di sejumlah aplikasi.

Bahkan, jika memungkinkan Anda dapat menerapkan dark theme secara keseluruhan di smartphone yang sudah mendukung.

3. Matikan Wi-Fi Otomatis

Sejak pembaruan Oreo, Android kedatangan fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi berjalan otomatis, meski Wi-Fi dalam keadaan mati. Karenanya, Anda harus mematikan fitur ini.

Untuk melakukannya, Anda tinggal buka 'Settings', lalu 'Network & Internet', dan pilih 'Wi-Fi'. Di bagian bawah 'Wi-Fi preferences', Anda tinggal mematikan opsi 'Turn on Wi-Fi automatically'.

4. Pantau Aplikasi yang Aktivitasnya Berlebih

Baterai smartphone Anda dapat dengan mudah habis jika ada aplikasi yang tidak berjalan seperti seharusnya. Biasanya, hal itu terjadi karena ada bug atau fitur aplikasi yang terlalu agresif berjalan di background.

Oleh sebab itu, Anda perlu memantau aplikasi mana yang terlalu banyak menyedot baterai dengan membuka 'Settings', pilih 'Battery', 'Menu', dan 'Battery Usage'.

Jika ada aplikasi dengan konsumsi baterai yang mencurigakan dan tidak digunakan, ada baiknya hapus aplikasi tersebut.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Metode lain yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi versi Lite. Seperti diketahui, saat ini beragam aplikasi kenamaan memiliki versi yang lebih ringan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda dapat menghemat pemakaian baterai karena memang aplikasi tersebut sudah didesain lebih ramah konsumsi daya dan data ketimbang versi standar.

Sumber: Liputan6.com [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Tekno Tips
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini