4 Jenis Thermal Paste dan Karakteristiknya, Jadi Senjata Performa Maksimal Laptop

Kamis, 19 Mei 2022 21:28 Reporter : Jeffreydien Winanda
4 Jenis Thermal Paste dan Karakteristiknya, Jadi Senjata Performa Maksimal Laptop 4 Jenis Thermal Paste dan Karakteristiknya, Jadi Senjata Performa Maksimal Laptop. ©2022 Shutterstock

Merdeka.com - Kecil namun berdampak besar, thermal paste adalah instrumen pelengkap untuk menjadikan performa laptop semakin prima. Thermal paste sendiri adalah pasta yang dioleskan di antara prosesor serta kipas prosesor. Tujuannya adalah untuk mempercepat konduksi panas dari prosesor ke heatsink atau kipas yang membuat suhu prosesor tetap terjaga.

Sebagai penghantar panas, thermal paste ini berisi pasta yang berisi rongga mikroskopis dan terbentuk di antara dua obyek sehingga mampu menjebak udara di dalamnya yang bertujuan menghambat pelepasan suhu panas. Thermal paste sendiri memiliki beragam jenis yang juga punya karakteristiknya masing-masing. Seperti apa sih?

Thermal Paste Sillicon Based

Alih-alih berbentuk pasta, thermal sillicon based berbentuk pad atau bantalan thermal yang sudah terpasang pada heatsink. Thermal paste jenis ini mampu menghantarkan panas dengan baik serta praktis lantaran menjadi bundling item bersama dengan heatsink.

Thermal Paste Ceramic Based

Pada thermal paste ceramic based ini, terdapat bahan penghantar panas yang berlimpah berupa partikel keramik mikroskopis. Selain mampuu menghantarkan panas ke heatsink secara cepat, thermal paste jenis ini juga relatif aman lantaran bahan dasar keramik terdapat di dalamnya tidak menghantarkan listrik.

Thermal Epoxy

Bukan berbentuk pasta, thermal epoxy merupakan sebuah minyak yang dioleskan secara permanen pada heatsink. Thermal jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki adalah daya rekatnya yang kuat sehingga cocok untuk pemakaian jangka panjang. Namun hal ini juga berbanding terbalik dengan kekurangan yang dimiliki yaitu kualitasnya yang mudah menurun ketika digunakan dalam kurun waktu yang lama.

Thermal Paste Metal Based

Dari sekian jenis thermal paste, jenis metal ini memiliki popularitas tinggi serta banyak digunakan. Hal ini lantaran partikel logam mikroskopis di dalamnya mampu menjadi penghantar panas yang sangat tinggi sehingga mampu mengoptimalkan pemindahan panas menuju heatsink.

Salah satu kekurangan yang dimiliki thermal paste jenis ini adalah kemampuannya menghantarkan listrik. Hal ini bisa berdampak pada hubungan arus pendek yang menyebabkan kerusakan pada laptop kesayangan.

Lengkapi semua aksesori untuk memaksimalkan performa laptop kesayanganmu. Tanpa ribet, kamu bisa checkout semua aksesori tersebut dengan gratis ongkir dan harga murah di marketplace.

[jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini