4 Calon Menkominfo yang baru

Selasa, 12 Agustus 2014 14:05 Reporter : Dwi Andi Susanto
4 Calon Menkominfo yang baru Kandidat Menkominfo RI. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang sekarang ini masih dipegang oleh Tifatul Sembiring hanya tinggal sebentar lagi. Tentunya, apabila tidak terpilih lagi, harus ada orang yang bertugas menggantikan posisi Tifatul .

Untuk itu, banyak beredar di internet juga di dunia nyata kandidat-kandidat yang cocok sebagai pengganti Tifatul sebagai Menkominfo yang baru. Sampai saat ini, ada 4 orang yang banyak diisukan cocok untuk menggantikan Tifatul . Mulai dari praktisi teknologi sampai mantan aktivis tahun 1998 muncul dan menjadi calon kuat Menkominfo.

Berikut sedikit profil dari ke-4 orang yang masuk dalam bursa calon Menkominfo tersebut berdasarkan komentar-komentar netizen Indonesia di jejaring sosial dan forum-forum bebas di internet.

2 dari 5 halaman

Gatot Sulistiantoro Dewa Broto

Gatot Sulistiantoro Dewa Broto atau terkadang ditulis dengan nama Gatot S Dewa Broto saja adalah seorang pria kelahiran Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1961.

Pria yang mendapatkan gelar S1 di Hubungan Internasional Fisipol UGM dan S2 di Central Queensland University, Australia ini sempat menjadi salah satu orang penting di jajaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sekitar bulan Maret 2014 lalu, Gatot akhirnya keluar dari jajaran Kemenkominfo dan menjadi salah satu deputi di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Banyak pihak yang menyayangkan dilepasnya Gatot dari Kemenkominfo ke Kemenpora.

3 dari 5 halaman

Nezar Patria

rev1Nezar Patria. ?2014 Merdeka.com

Pria kelahiran Sigli pada tanggal 05 Oktober 1970 ini merupakan salah satu aktivis pada tahun 1998 yang juga turut menjadi salah satu korban penculikan pada saat terjadinya demonstrasi besar-besaran untuk menumbangkan rezim Soeharto atau Orde baru. Setelah Orde Baru tumbang, Nezar menggeluti profesi barunya sebagai wartawan dan menjadi salah satu anggota Dewan Pers.

"Saya kira yang menjadi angan-angan saya ke depan, juga cita-cita banyak kawan. Kita memimpikan lembaga penyiaran publik yang kompeten dan profesional yang dirindukan masyarakat. Negara punya tugas menyediakan lembaga penyiaran publik yang independen yang bisa berdiri di atas semua kepentingan politik dan mengabdi pada rakyat. Lewat semangat reformasi yang kita punya, kita dapat ciptakan. Saya tidak khawatir dengan kebebasan pers yang kebablasan. Saya cukup gembira dengan adanya kepatuhan etik oleh media mainstream yang ada di Indonesia," ujarnya .

4 dari 5 halaman

Ferry Mursyidan Baldan

baldan rev1Ferry Mursyidan Baldan. ?2014 Merdeka.com

Ferry Mursyidan Baldan adalah seorang anggota dari Partai Nasional Demokrasi (NasDem) yang di tahun 2012 lalu banyak mendapatkan hujatan dari berbagai kalangan karena memenuhi undangan perayaan hari ulang tahun Israel. Padahal pada waktu itu, banyak orang baik muslim atau non muslim dunia mengutuk keras aksi Israel yang membombardir wilayah Palestina.

Namun uniknya, di saat akan berakhirnya masa jabatan Tifatul Sembiring selaku Menkominfo, nama Ferry Mursyidan Baldan justru mencuat dan menjadi salah satu calon penggantinya.

5 dari 5 halaman

Onno W Purbo

purbo rev1Onno W Purbo. ?2014 Merdeka.com

Bernama lengkap Onno Widodo Purbo, pria kelahiran Bandung tanggal 17 Agustus 1962 ini merupakan salah satu kandidat terkuat selain Gatot Sulistiantoro Dewa Broto sebagai calon Menkominfo menggantikan Tifatul Sembiring.

Sebagai wisudawan terbaik Teknik Elektro ITB dan juga sebagai pelopor RT/RW-Net ini, Onno W Purbo dapat dikatakan sebagai salah satu orang di Indonesia yang berjasa akan lalu lintas internet di Tanah Air.

[das]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini