Tanda-tanda Jodoh dari Allah Sudah Dekat, Kenali dari Kecocokan dan Sifatnya

Kamis, 3 September 2020 19:45 Reporter : Ani Mardatila
Tanda-tanda Jodoh dari Allah Sudah Dekat, Kenali dari Kecocokan dan Sifatnya Ilustrasi pasangan. ©Unsplash

Merdeka.com - Jodoh yang baik dan tepat merupakan salah satu hal yang penting dan banyak didambakan oleh banyak orang. Bagi seorang muslim, jodoh sudah ditentukan sejak lahir dan memiliki cerminan dengan diri masing-masing.

Seseorang tidak akan tahu siapa dan di mana keberadaan jodohnya sendiri sebelum Allah menakdirkan untuk bertemu dengan jodoh atau pasangan hidupnya.

Allah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan, semua manusia pasti memiliki jodoh tergantung ikhtiar dari manusia itu sendiri serta takdir Allah yang sudah menentukannya.

Berikut tanda-tanda jodoh dari Allah sudah dekat dengan Anda yang Merdeka rangkum dari Brillio:

2 dari 5 halaman

Ayat Alquran Perihal Jodoh

Alquran surat An Nur ayat 26

Al-khabiisaatu lil-khabiisiina wal khabiisuna lil khabiisaat, wat-tayyibaatu lit-tayyibiina wat-tayyibuna lit-tayyibaat, ulaa'ika mubarra'una mimmaa yaqulun, lahum magfiratuw wa rizqung kariim

Artinya:

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah memang memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya tersebut.

Karena dengan firman itulah, diharapkan agar manusia dapat senantiasa memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.

3 dari 5 halaman

Tanda-tanda Jodoh dari Allah Sudah Dekat

1. Kemantapan hati

Jika seseorang sudah memiliki kemantapan hati pada seseorang untuk dijadikan pasangan hidup maka ini pertanda bahwa ia memang berjodoh. Untuk mendapatkan kemantapan hati ini, bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat istikhara untuk memohon petunjuk dari Allah apakah seseorang itu memang jodoh kita atau bukan.

2. Memiliki akhlak yang tidak jauh berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jodoh adalah cerminan diri. Memiliki iman serta kebaikan yang tidak terlalu jauh berbeda bisa menjadi pertanda jika jodoh sudah dekat seperti yang sudah tertulis pada sebuah ayat Alquran jika wanita-wanita baik untuk laki-laki baik dan sebaliknya.

3. Ketenangan jiwa

Jika berinteraksi dengan tambatan hati, membuat seseorang merasa tenang dan selalu membuat diri merasa tentram dan damai, kemungkinan memang jodoh sudah dekat. Seperti firman Allah dalam surat Ar Rum ayat 21.

Wa min aayaatihii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw wa rahmah, inna fii zaalika la'aayaatil liqaumiy yatafakkarun

Artinya:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

4. Memiliki tutur kata dan akhlak yang bisa memotivasi

Jodoh sudah dekat juga bisa terlihat dari semua tutur kata dan juga akhlaknya selalu mengandung motivasi sehingga membuat kedua belah pihak akan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

5. Memunculkan rasa syukur kepada Allah

Jika seseorang bertemu dengan tambatan hatinya, kemudian membuatnya merasa semakin bersyukur dan mengingat kebesaran Allah maka bisa jadi tambatan hatinya adalah jodoh yang baik untuknya. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Az Dzariyat ayat 49.

Wa ming kulli syai`in khalaqnaa zaujaini la'allakum tazakkarun

Artinya:

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah."

Dari ayat tersebut diketahui bahwa tujuan Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan yaitu supaya umatnya dapat mengingat kebesaran Allah.

4 dari 5 halaman

6. Dijauhkan dari rasa kesepian

kesepian pixabay
©2018 Merdeka.com

Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan supaya tidak merasa kesepian atau merasa sendiri. Ketika seseorang bertemu dengan tambatan hatinya dan merasa tidak lagi kesepian, maka kemungkinan dirinya memang jodoh dari orang tersebut. Seperti dalam surat Al Anbiya ayat 89.

Wa zakariyyaa iz naadaa rabbahu rabbi laa tazarnii fardaw wa anta khairul-waarisiin

Artinya:

"Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik."

Ayat tersebut adalah doa yang diungkapkan oleh Rasulullah sebagai wujud berharap mendapatkan jodoh yang terbaik, jodoh akan melenyapkan seseorang dari rasa kesendirian dan kesepian, juga kelak memberikan keturunan sebagai pelengkap dan amanah dari Allah.

7. Mempermudah dalam segala hal

Bersamanya, Allah akan mempermudah segala hal. Ketika seseorang dipertemukan dengan tambatan hatinya dan merasa segala menjadi mudah saat dihadapi bersama-sama karena ridho Allah, adalah salah satu pertanda jodoh sudah dekat.

8. Muncul ketertarikan

Jika seseorang bertemu dengan seseorang lainnya lalu timbul rasa ketertarikan satu sama lain, bisa saja itu adalah tanda bahwa jodoh sudah dekat. Seperti dalam surat Ali Imran ayat 14.

Zuyyina lin-naasi hubbusy-syahawaati minan-nisaa'i wal-baniina wal qanatiiril muqantarati minaz-zahabi wal fiddati wal khailil musawwamati wal an'aami wal hars, zaalika mataa'ul-hayaatid-dun-yaa, wallaahu 'indahu husnul-ma'aab

Artinya:

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)."

9. Selalu jujur

Kejujuran adalah hal yang tidak boleh dipermainkan dan jika kejujuran berasal dari hati, maka niscaya kebahagiaan akan selalu menyertai seseorang jika sudah bertemu dengan orang yang selalu jujur kepadanya sehingga tak ada lagi rasa ragu pada orang tersebut adalah tanda bahwa jodoh sudah dekat.

10. Keluarga bisa saling menerima

Jika seseorang lawan jenis mempunyai kepribadian yang baik dan sesuai dengan ekspektasi keluarga, dan keluarganya juga sangat senang hati menerima orang tersebut, maka ini juga bisa dijadikan pertanda jika jodoh sudah dekat.

5 dari 5 halaman

Doa Dipertemukan dengan Jodoh

Melansir dari Baitul Muslim, berikut doa masing-masing untuk laki-laki dan perempuan yang menginginkan pasangan yang baik:

Bagi laki-laki yang menginginkan istri yang baik:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

“ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJATAN THOYYIBAH AKHTUBUHA WA ATAZAWWAJ BIHA WATAKUNA SHOOHIBATAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH”.

“Ya Robb, berikanlah kepadaku isteri yang terbaik dari sisi-Mu, isteri yang aku lamar dan nikahi dan isteri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Bagi perempuan yang menginginkan suami yang baik:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

"ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJAN THOYYIBAN WAYAKUUNA SHOOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH”.

“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

Ayo sama-sama kita amalkan bacaan ini, semoga kita dipertemukan jodoh oleh-Nya. Aamiin.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini