Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data, Pengertian dan Aplikasinya

Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data, Pengertian dan Aplikasinya Kata Pengantar Skripsi. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masalah terbesar bagi seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian adalah tidak menemukan sumber atau data yang sebagai bahan untuk penelitian. Masalah ini cukup mendasar dan sangat perlu dicarikan solusinya. Sebuah penelitian tidak akan bisa selesai apabila kekurangan data.

Oleh karena itu, jenis-jenis teknik pengumpulan data sangat penting untuk diketahui. Bukan hanya karena jenis-jenis teknik pengumpulan data ini akan membantu para peneliti mendapatkan data, akan tetapi lebih dari itu. Informasi jenis teknik pengumpulan data akan memberikan informasi kepada peneliti tentang kualitas dan kredibilitas sebuah data.

Data yang diperoleh masih memerlukan analisis. Maka dari itu, mendapatkan data saja tidak cukup. Peneliti harus mengetahui jenis-jenis teknik pengumpulan data dan contoh-contohnya supaya bisa memberikan analisis yang tepat terhadap data yang ditemukan. Penting untuk mengetahui jenis-jenis teknik pengumpulan data. Maka dari itu, berikut jenis-jenis teknik pengumpulan data pengertian dan aplikasinya.

Pengertian dan Jenis Data

Sebelum masuk dalam jenis-jenis teknik pengumpulan data, terlebih dahulu dijelaskan mengenai pengertian data dan jenisnya. Data merupakan sekumpulan fakta yang diperoleh dari pengamatan atau tindakan seorang peneliti dalam situasi tertentu.

ilustrasi buku

muslim.sg

Untuk memenuhi syarat sebagai data, sebuah data harus objektif, relevan, up to date, dan representatif.

Jenis data secara umum dibagi menjadi dua, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat dinyatakan dan dapat diukur besar kecilnya dalam bentuk angka. Sedangkan data kualitatif adalah data yang berhubungan dengan karakteristik yang tidak dapat diukur dengan angka.

Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data

Dikutip dari bamai.uma.ac.id, jenis-jenis teknik pengumpulan data itu ada 5. Meskipun begitu, tidak semua teknik ini harus diaplikasikan dalam satu penelitian. Menentukan teknik mana yang akan dipakai untuk mengumpulkan data ini merupakan hal yang krusial. Berikut ini adalah 5 jenis teknik pengumpulan data:

Observasi, kuesioner, dan Wawancara 

1. Observasi (Pengamatan)

Jenis-jenis teknik pengumpulan data yang pertama adalah observasi. Teknik ini diterapkan dengan melakukan langsung pengamatan terhadap objek yang akan diteliti. Peneliti terjun langsung ke lapangan dan mengamati objek penelitian dengan mata kepala sendiri yang kemudian dikumpulkan dalam sebuah catatan

Observasi dibagi menjadi tiga, pertama adalah observasi partisipatif, kedua adalah observasi langsung atau terselubung, dan ketiga adalah observasi tidak terstruktur. Ketiganya merupakan teknik observasi yang penting untuk diketahui.

2. Kuesioner

Jenis-jenis teknik pengumpulan data yang kedua adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data jenis kuesioner ini merupakan teknik yang dilakukan oleh peneliti dengan memberikan serangkaian pertanyaan untuk dijawab oleh responden. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang akan menjawab kebutuhan data peneliti.

Meskipun begitu, keakuratan pertanyaan ini juga harus diperhitungkan. Peneliti dianjurkan untuk melakukan tes terhadap beberapa pertanyaan yang akan diberikan kepada responden untuk mengetahui seberapa valid dan reliabel pertanyaan yang sudah dibuat oleh peneliti.

3. Wawancara

Wawancara merupakan jenis-jenis teknik pengumpulan data yang berbentuk tanya jawab. Wawancara dilakukan peneliti kepada narasumber untuk mendapatkan data yang diharapkan. Peneliti bertindak sebagai pewawancara dan narasumber bertindak sebagai informan.

Teknik wawancara juga memerlukan tes atau uji coba terkait pertanyaan yang akan diajukan. Hal itu dilakukan supaya pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan kepada informan bisa tepat dan peneliti juga bisa mendapatkan jawaban yang diharapkan.

Studi Pustaka dan Studi Dokumen

4. Studi Pustaka

Jenis-jenis teknik pengumpulan data yang keempat adalah studi pustaka atau dikenal juga dengan studi sastra. Teknik jenis ini banyak dilakukan oleh peneliti mengingat teknik ini mudah untuk dilakukan. Teknik studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data yang relevan dari sebuah buku, artikel ilmiah, berita atau sumber lainnya yang tertulis.

Studi pustaka ini juga perlu diperhatikan kredibilitasnya. Tidak semua buku bisa dipakai sebagai sebuah sumber pustaka. Peneliti harus menyesuaikan kevalidan dan kredibilitas sumber yang akan dipakai sebagai sumber di sebuah penelitian.

5. Studi Dokumen

Jenis-jenis teknik pengumpulan data yang terakhir adalah dengan studi dokumen. Dokumen bisa menjadi salah satu sumber dalam sebuah penelitian karena dokumen menyimpan data primer yang sangat valid. Contohnya, dalam penelitian sejarah, dokumen ini bisa berbentuk arsip, dan arsip sebagai sebuah sumber sejarah merupakan data yang sangat kuat.

Selain itu, dokumen juga bisa berbentuk lain seperti gambar atau foto. Jenis teknik pengumpulan data dengan studi dokumen ini bisa dilakukan oleh peneliti tergantung kebutuhan peneliti dan juga berdasarkan metodologi yang peneliti gunakan.

Konklusi

Demikian adalah jenis teknik pengumpulan data yang perlu untuk diketahui. Sebuah penelitian membutuhkan data sesuai dengan metodologinya. Maka dari itu, jenis teknik pengumpulan data ini sangat beragam.

Anda tidak harus menggunakan semua jenis teknik pengumpulan data yang sudah disebutkan di atas. Anda hanya perlu memilih beberapa, bahkan bisa juga salah satunya untuk diterapkan dalam mencari data untuk penelitian Anda. Hal itu supaya penelitian yang dilakukan bisa lebih tepat dan efisien dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

(mdk/mff)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian, Lengkap dengan Penjelasannya
Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian, Lengkap dengan Penjelasannya

Berikut teknik pengumpulan data beserta penjelasannya.

Baca Selengkapnya
Data Kuantitatif adalah Data yang Berbentuk Angka, Ini Penjelasannya
Data Kuantitatif adalah Data yang Berbentuk Angka, Ini Penjelasannya

Penerapan data kuantitatif sangat luas dan memengaruhi berbagai bidang.

Baca Selengkapnya
Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif, Berikut Penjelasannya
Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif, Berikut Penjelasannya

Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah dua pendekatan yang berbeda dalam mengumpulkan dan menganalisis data dalam penelitian ilmiah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Modus adalah Nilai Data Statistik, Pahami Jenis dan Cara Menghitungnya
Modus adalah Nilai Data Statistik, Pahami Jenis dan Cara Menghitungnya

Modus adalah nilai data yang paling sering muncul.

Baca Selengkapnya
Coklit Pemilu Adalah Kegiatan Pemutakhiran Data, Pelajari Selengkapnya
Coklit Pemilu Adalah Kegiatan Pemutakhiran Data, Pelajari Selengkapnya

Coklit pemilu adalah kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan petugas PPK.

Baca Selengkapnya
Kolaborasi Strategis dalam Tingkatkan Keamanan Data, Ini Contohnya!
Kolaborasi Strategis dalam Tingkatkan Keamanan Data, Ini Contohnya!

Kolaborasi antara perusahaan, lembaga pemerintah, akademisi, dan penyedia solusi teknologi menjadi kunci.

Baca Selengkapnya
Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya
Pengertian Teknologi Beserta Jenis dan Manfaatnya

Penjelasan mengenai jenis teknologi dan manfaatnya untuk kehidupan manusia.

Baca Selengkapnya
Mengenal Rumus Mean dan Cara Menghitungnya, Pelajari Lebih Lanjut
Mengenal Rumus Mean dan Cara Menghitungnya, Pelajari Lebih Lanjut

Rumus mean memiliki signifikansi besar dalam menganalisis dan memahami karakteristik suatu kelompok data.

Baca Selengkapnya
Validasi adalah Proses untuk Mengonfirmasi Gagasan, Berikut Metode untuk Melakukannya
Validasi adalah Proses untuk Mengonfirmasi Gagasan, Berikut Metode untuk Melakukannya

Validasi adalah pengesahan atau pengujian kebenaran atas sesuatu. Dalam prosesnya, ada berbagai metode yang dilakukan agar validasi mendapatkan hasil yang baik.

Baca Selengkapnya