Fungsi Glomerulus pada Tubuh Manusia Dan Penyakit Terkait

Rabu, 29 Juni 2022 14:00 Reporter : Ani Mardatila
Fungsi Glomerulus pada Tubuh Manusia Dan Penyakit Terkait ilustrasi ginjal. kenhub.com

Merdeka.com - Fungsi glomerulus sangat penting dalam tubuh manusia. Glomerulus merupakan bagian dari ginjal yang terdiri dari jaringan kapiler. Ginjal memiliki sekitar satu juta unit filter kecil yang disebut nefron. Setiap nefron memiliki glomerulus, jadi itu berarti ada lebih dari satu juta glomerulus juga. Lebih dari satu glomerulus disebut glomeruli.

Glomerulus berdiameter kira-kira 200 μm dan terdiri dari arteriol aferen dan sekelompok kapiler yang dibatasi oleh sel endotel dan dilapisi dengan sel epitel yang membentuk lapisan kapsula Bowman dan tubulus renalis.

Glomeruli bekerja seperti saringan yang digunakan dalam memasak. Darah akan bergerak melewati saringan itu, mereka membiarkan limbah dan air ekstra masuk ke nefron untuk membuat urine. Berikut selengkapnya fungsi glomerulus pada tubuh manusia:

2 dari 3 halaman

Fungsi Glomerulus

Ginjal memproduksi urine yang mengandung zat sisa metabolik dan mengatur komposisi cairan tubuh melalui 3 cara, yaitu filtrasi glomerulus, reabsorbsi tubulus, dan sekresi tubulus. Fungsi utama ginjal adalah untuk zat sia metabolisme serta zat-zat lain yang berbahaya bagi tubuh sambil mempertahankan konstituen darah yang masih berguna.

ilustrasi ginjal
kenhub.com

Fungsi glomerulus adalah menyaring darah dan mengalihkan limbahnya sebagai bahan pembuatan urine. Filtrasi glomerulus adalah langkah pertama pembentukan urine. Sekitar 125 ml filtrat glomerulus terbentuk secara kolektif dari seluruh glomerulus setiap menit. Jumlah ini sama dengan 180 liter setiap hari, hal ini berarti bahwa ginjal menyaring keseluruhan volume plasma sekitar 65 kali sehari.

Bahan-bahan bermanfaat bagi tubuh dikembalikan ke plasma kapiler peritubulus. Urine meninggalkan ginjal melalui tabung yang lebih besar yang disebut ureter, yang mengangkut urin ke kandung kemih.

3 dari 3 halaman

Penyakit Terkait Glomerulus

Penyakit glomerulus adalah akibat dari kondisi yang mempengaruhi bagian tertentu dari ginjal yang disebut glomeruli. Glomeruli adalah jaringan kecil pembuluh darah yang merupakan "unit pembersih" ginjal.

Mereka menyaring limbah dan mengeluarkan cairan ekstra dari darah. Ketika glomerulus rusak dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, itu disebut penyakit glomerulus.

Banyak penyakit dan kondisi yang dapat merusak glomeruli. Dua istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan berbagai bentuk kerusakan glomeruli adalah:

  • Glomerulonefritis, peradangan (pembengkakan) glomeruli.
  • Glomerulosklerosis, jaringan parut/pengerasan glomeruli.

Penyakit glomerulus dapat merusak ginjal Anda dan, dalam beberapa kasus, menyebabkan gagal ginjal.

Apa penyebab penyakit glomerulus?

Penyebab penyakit glomerulus meliputi:

  • Infeksi atau obat atau bahan kimia yang berbahaya bagi ginjal.
  • Penyakit yang menyerang seluruh tubuh, termasuk ginjal.
  • Penyakit yang menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut pada nefron atau glomerulus.
  • Penyebab yang tidak diketahui.

Apa saja tanda dan gejala penyakit glomerulus?

Tanda-tanda penyakit glomerulus termasuk satu atau lebih dari berikut ini:

  • Urin berbusa (tanda protein dalam urin Anda [proteinuria]).
  • Urin berwarna merah muda atau coklat muda (tanda darah dalam urin [hematuria]).
  • Pembengkakan di wajah/sekitar mata (terutama di pagi hari), tangan, kaki atau pergelangan kaki (terutama di penghujung hari). Pembengkakan ini disebut edema.
  • Tekanan darah tinggi ( hipertensi ).

Pencegahan Penyakit Glomerulus

Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk menjaga diri tetap sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit yang memengaruhi ginjal. Perubahan tersebut meliputi:

  • Pertahankan berat badan yang sehat.
  • Jaga asupan garam Anda tetap rendah; jangan menambahkan garam ekstra ke makanan.
  • Jaga tekanan darah Anda tetap terkendali. Targetnya adalah 120/80 mmHg.
  • Kontrol gula darah jika Anda menderita diabetes. Ambil semua obat resep dan ikuti semua saran manajemen yang didiskusikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.
  • Berhenti merokok.

Mungkin tidak mungkin untuk mencegah semua penyebab penyakit glomerulus. Namun, segera setelah melihat tanda-tanda penyakit glomerulus, temui penyedia layanan kesehatan.

Sangat penting untuk menemukan penyebab penyakit yang dapat diobati dan memulai pengobatan sesegera mungkin. Perawatan dapat memperlambat kerusakan ginjal dan/atau mencegahnya menjadi lebih buruk.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini