Utamakan Keselamatan Karyawan, Sido Muncul Raih 2 Penghargaan K3 dari Kemnaker

Rabu, 25 Mei 2022 19:24 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Utamakan Keselamatan Karyawan, Sido Muncul Raih 2 Penghargaan K3 dari Kemnaker PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali raih penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerj. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali raih penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2022 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Irwan Hidayat sebagai Direktur Sido Muncul, menerima penghargaan untuk kategori ‘Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja Tahun 2022 Provinsi Jawa Tengah’ bersama 916 perusahaan di seluruh tanah air.

Ini merupakan tahun kedua Sido Muncul bisa mempertahankan anugerah tersebut. Irwan mengaku senang, menurutnya penghargaan yang diterima adalah hasil dari upaya perusahaan yang sudah berdiri sejak 1951 itu dalam melindungi karyawan.

“Saya pertama senang, karena terutama kalau ini kan hasil daripada sebuah perusahaan yang melindungi karyawan,” kata Irwan Hidayat saat ditemui di kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Mei 2022.

“Sido Muncul bisa seperti hari ini karena karyawannya hebat-hebat,” lanjut Irwan.

Kiat Sukses Sido Muncul Tanggulangi Covid-19 di Tempat Kerja

Ketika ditanya bagaimana program penanggulan Covid-19 di Sido Muncul? Irwan Hidayat yang juga masuk menjadi Indonesia's 50 Richest 2022 versi Forbes, mengatakan perusahaan menjalankan program seperti yang dianjurkan oleh pemerintah.

Seperti sistem kerja yang bukan 100 persen karyawan masuk, melainkan setengah atau sepertiga dari jumlah karyawan. Lalu menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta jaga jarak.

“Terus karena kita pabrik jamu, kita produksi sendiri, minum tolak angin. Kemudian kita juga ada vitamin C 1000 yang kita berikan,” tutur Irwan.

Irwan mengaku mati-matian mempertahankan para karyawan agar tidak sakit. Meskipun ada pula yang sakit, tapi ia tetap bersyukur perusahaan masih bisa memproduksi produk sesuai permintaan pasar.

“Mati-matian kita mempertahankan supaya mereka nggak sakit. Supaya kita bisa tetap memproduksi, sulit sekali loh, saya sendiri semua keluarga kena,” lanjut Irwan.

2 dari 3 halaman

Peran Karyawan Sama Pentingnya dengan Bisnis

sama pentingnya dengan bisnis

Selain itu, HRBP Operation Manager Sido Muncul, Bezaliel Pakke, mengungkap kasus Covid-19 di Sido Muncul sudah memasuki tahap zero cases pada Maret 2022. Dan yang paling penting ada program vaksin hingga booster untuk seluruh karyawan.

“Sejak Maret kita sudah zero cases. Dan yang paling penting lagi adalah upaya manajemen untuk bagaimana seluruh karyawan ikut vaksin sampai dengan dosis 3,” ujar Bezaliel Pakke.

Irwan juga menyoroti bagaimana berharganya keberadaan karyawan yang sama pentingnya dengan bisnisnya. Salah satu cara mempertahankannya adalah melindungi mereka.

“Buat kami melindungi karyawan, juga melindungi lingkungan, itu sama pentingnya dengan bisnis kami. Bahkan basic dari sebuah usaha adalah karyawan yang loyal dan militan,” ungkap Irwan.

3 dari 3 halaman

Asas Kebijaksanaan dalam Manajemen Sido Muncul

Irwan menganggap karyawannya sebagai partner yang juga harus disayangi dan diperhatikan. Jika pabrik terkenal dengan aturan kaku, berbeda dengan Sido Muncul yang selalu menerapkan asas kebijaksanaan dalam manajemennya.

“Karena karyawan ini yang paling berjasa waktu dari kecil dari nol sampai bisa menjadi perusahaan seperti hari ini. Itu karena karyawannya loyal, militan,” ucap Irwan.

Sido Muncul yang bermula dari racikan jamu masuk angin oleh nenek Irwan yakni Rakhmat Sulistio, pada 1930. Kini telah bertransformasi menjadi produsen jamu terbesar di Indonesia dengan karyawan yang melebihi 4000 orang.

Sido Muncul dapat menjadi pabrik dengan lebih dari 300 jenis produk, semuanya menurut Irwan adalah berkat kehadiran karyawan.

“Kalau nggak, nggak bisa jadi perusahaan pabrik. Setelah menjadi perusahaan pabrik, saya tetap pengin mempertahankan asas kebijaksanaan, kekeluargaan,” tandas Irwan Hidayat.

[RWP]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini