Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Bisa Alami Depresi Postpartum, Kenali Cara Mengatasinya

Minggu, 10 Januari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Bisa Alami Depresi Postpartum, Kenali Cara Mengatasinya Ilustrasi depresi. ©Shutterstock/Yuri Arcurs

Merdeka.com - Usai buah hati lahir, beragam perasaan bakal dialami oleh orangtua. Walau begitu, tak semua perasaan ini gembira belaka, terkadang muncul juga rasa depresi yang bisa muncul.

Sama dengan ibu, ayah juga diketahui mengalami depresi pasca kelahiran bayi. Sayangnya, hal ini masih sering diremehkan dan dikesampingkan sehingga seorang ayah kerap mengalami masalah ini lebih lama.

Masalah depresi pasca kelahiran bayi ini kerap menimbulkan perubahan fisik dan emosi pada seorang ayah. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dilakukan sejumlah pengobatan maupun konseling. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menghindari depresi pasca melahirkan pada ayah.

Cari Informasi yang Tepat

Banyak ayah yang tidak menyadari bahwa pria juga dapat mengalami depresi pasca kelahiran bayi. Ketidaktahuan ini biasanya disebabkan oleh informasi yang kurang dari dokter dan terapis dalam menangani masalah ini.

Baca Selanjutnya: Lebih Terbuka dengan Pasangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini