Tak diduga, deretan 5 penyakit ini terkait dengan bakteri usus!

Selasa, 15 Desember 2015 16:03 Reporter : Siti Rutmawati
Tak diduga, deretan 5 penyakit ini terkait dengan bakteri usus! Ilustrasi stres. Shutterstock/Ismagilov

Merdeka.com - Mungkin kita tak pernah menyangka bahwa kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh interaksi yang dibentuk oleh sel-sel manusia dengan bakteri-bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri baik dalam usus tersebut membutuhkan bantuan kita untuk mendapatkan asupan makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, buah, dan kacang-kacangan untuk berkembang.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata mampu memengaruhi kesehatan usus. Jika ada gangguan yang terjadi pada usus kita, maka mungkin saja kita akan mendapatkan diagnosis penyakit tertentu. Nah, sekarang saat yang tepat untuk memperhatikan kebaikan berjuta mikroba baik dalam usus kita, bukan? Melansir dari cheatsheet.com, berikut ini merupakan deretan lima jenis penyakit yang terkait dengan bakteri dalam usus manusia.

2 dari 6 halaman

Menambah berat badan

badanIlustrasi obesitas. Shutterstock/Shutterwolf

Orang yang lebih kurus lebih cenderung menjadi pelabuhan banyak bakteri usus dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang lebih. Ketika orang dengan kelebihan berat badan pada diet dengan mengandalkan makanan dari tumbuh-tumbuhan, maka bakteri usus mereka akan menyerupai orang orang dengan berat badan yang normal sehingga mereka mulai kehilangan berat badan. Penyebabnya adalah sayuran dan buah serta kacang-kacangan memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan. 

Bakteri baik menjadi penting karena dapat mengekstrak lebih sedikit kalori dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, mereka juga memproduksi nutrisi yang membangun lapisan dinding usus. Jika bakteri baik tidak mendapatkan makanan yang baik, maka lapisan dinding bisa menjadi bocor dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Peradangan dalam hal ini bisa dikatakan juga sebagai resistensi insulin. Kondisi ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin yang mengakibatkan kalori yang kita konsumsi disimpan sebagai lemak. 

3 dari 6 halaman

Penyakit jantung

tak diduga, deretan 5 penyakit ini terkait dengan bakteri usus! Ilustrasi penyakit jantung. ©Shutterstock.com/woaiss

Sekelompok peneliti dari Eropa telah menemukan bahwa ada sejumlah bakteri usus yang terkait dengan penyakit jantung. resistensi insulin dapat membuat kadar gula menjadi tinggi yang memicu kenaikan berat badan dan berakibat buruk bagi jantung.

Beberapa penelitian sebenarnya telah menunjukkan bahwa suplemen probiotik sebenarnya membantu mengurangi kolesterol jahat yang berkontribusi pada penyakit jantung. Terkadang makanan yang kita konsumsi berinteraksi dengan bakteri jahat yang akhirnya membentuk senyawa yang dapat merusak hati.

Pandangan ini berdasarkan pada temuan dari studi yang dilakukan oleh Cleveland Clinic yang menunjukkan hubungan antara konsumsi daging dengan kanker dan jantung. Mereka menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam daging menjadi senyawa yang beracun dengan mendorong penumpukan plak yang berbahaya bagi arteri.

Sebagai perlawanan, fitonutrien yang terdapat dalam buah, teh hijau, dan kunyit yang mengandung bakteri baik membuatnya menjadi  makanan ampuh untuk melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker.

4 dari 6 halaman

Kanker

tak diduga, deretan 5 penyakit ini terkait dengan bakteri usus!Ilustrasi kanker. ©shutterstock.com/Fedorov Oleksiy

Secara umum, telah banyak orang yang mengetahui bahwa peradangan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan kondisi usus dapat menyebabkan kanker. Secara khusus, sebuah penelitian menemukan bahwa orang Afrika yang lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman memiliki risiko kanker usus yang lebih rendah.

Ini dibandingkan dengan pola makan orang Amerika yang lebih banyak mengandalkan daging dan makanan olahan. Pola makan orang Amerika ini menghilangkan bakteri usus untuk serat yang dibutuhkan untuk melindungi dinding usus dan mencegah peradangan yang bisa menyebabkan kebocoran usus. 

Penelitian terbaru menunjukkan hubungan hal tersebut dengan kanker prostat. Orang dengan kanker prostat memiliki bakteri bakteri dalam urin dan cairan prostat yang tidak terdapat pada orang sehat (tanpa kanker). Infeksi prostat kemungkinan telah membunuh bakteri yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kanker. Orang-orang yang banyak mengonsumsi daging olahan berada dalam risiko tinggi. penyebabnya adalah pengawet nitrit pada daging. 

5 dari 6 halaman

Irritable bowel syndrome (IBS)

syndrome ibsIlustrasi sakit perut. Shutterstock/9nong

Beberapa makanan dapat menyebabkan ketidakseimbangan microbiome (bakteri-bakteri baik) sehingga menyebabkan seseorang kembung, diare dan sembelit. Secara umum kondisi tersebut disebut dengan irritable bowel syndrome (IBS). Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperhatikan pola dan menu makanan sehari-hari. 

Penyebab IBS sebagian besar justru adalah makanan-makanan sehat seperti asparagus, bawang, dan kacang hitam. mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut akan membuat perut menjadi sensitif. Secara garis besar makanan makanan yang mengandung gluten, biji-bijian (terutama gandum) dan produk yang sarat dengan laktosa. 

6 dari 6 halaman

Depresi

tak diduga, deretan 5 penyakit ini terkait dengan bakteri usus!Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Oleg Golovnev

Usus memiliki kaitan yang erat dengan otak. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri usus berkaitan erat dengan suasana hati. Penelitian melakukan uji coba pada tikus. Ketika para peneliti mengambil bakteri usus dari tikus yang tegas pada tikus yang pemalu, tikus pemalu dengan cepat menjadi lebih agresif. Penelitian tersebut juga melakukan penelitian sugestif dengan melihat hubungan antara makanan probiotik dan stres. Hasilnya, orang-orang yang mengonsumsi suplemen probiotik selama dua minggu memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah. 

Usus memiliki sistem saraf sendiri yang disebut dengan saraf enterik. Bakteri dalam usus terlibat dalam produksi zat kimia saraf yang sama seperti dopamin, serotonin dan asam gama aminobutirat yang membuat otak mengatur perasaan dan perilaku seseorang. Saat ini, penelitian masih menyelidiki bagaimana bentuk komunikasi yang dibentuk antara usus dan otak. [SRA]

Baca juga:
Teh hijau bisa pengaruhi tingkat kesuburan?
Ini deretan 6 makanan yang bikin kamu awet muda secara alami
Ini 5 rekomendasi minuman sehat buat mood kamu yang berubah-ubah
Ini 3 bahaya konsumsi kacang berlebihan!
Deretan 5 makanan yang bantu olahraga jadi lebih efektif
Hati-hati, 4 makanan ini bisa memicu depresi

 

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini