Rempah-Rempah yang Ada di Kari Bisa Bermanfaat Batasi Masalah Pernapasan

Sabtu, 20 April 2019 14:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Rempah-Rempah yang Ada di Kari Bisa Bermanfaat Batasi Masalah Pernapasan Ilustrasi kare. ©menuspring.com

Merdeka.com - Kari merupakan salah satu makanan dengan varian yang cukup banyak. Terdapat berbagai macam jenis makanan yang bisa jadi bahan dasar dari kari serta terdapat banyak variasi makanan ini tergantung dengan daerah asalnya.

Selain rasanya yang sedap, kari ternyata juga memiliki manfaat yang tidak disangka bagi kesehatan kita. Dilansir dari Japan Today, sebuah penelitian mengungkap bahwa rempah-rempah yang digunakan pada masakan ini dapat mengobati masalah pernapasan yang dialami seseorang.

Rempah-rempah yang umum digunakan pada kari ini dapat membatasi masalah pernapasan yang disebabkan oleh polusi akibat partikel kecil di udara. Hasil temuan ini diungkap berdasar penelitian gabungan yang dilakukan oleh perusahaan pembuat kari asal Jepang, House Foods Corp dan profesor dari Kyoto University.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa cengkeh, ketumbar, kayu manis, dan kunyit memiliki kemampuan untuk menekan peradangan yang disebabkan oleh polusi udara. Hasil ini muncul berdasar eksperimen di laboratorium menggunakan sel saluran pernapasan manusia yang tidak melibatkan percobaan ketika manusia mengonsumsi kari yang mengandung bumbu tersebut.

"Kami berhasil untuk mendapat hasil positif pada tingkat sel. Terdapat kemungkinan besar bahwa mengonsumsi rempah-rempah ini bakal menghadirkan hasil yang diinginkan," jelas Hirohisa Takano, profesor kesehatan lingkungan di Kyoto University.

"Kami perlu melakukan penelitian lanjutan untuk memastikan hal ini," sambungnya.

Partikel dalam bentuk kecil di udara memiliki risiko yang besar pada kesehatan. Hal ini bisa masuk pada paru-paru manusia dan masuk pada saluran darah sehingga menyebabkan stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru, pneumonia, dan penyakit lainnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini