Masih banyak orang yang memandang sebelah pada vitamin D. Padahal vitamin ini menyimpan segudang manfaat. Selain baik untuk kalsium, vitamin D mampu mencegah diabetes.
Para peneliti di Amerika mengatakan, suplemen vitamin D dapat membantu anak-anak dan remaja yang obesitas untuk mengontrol tingkat gula darah mereka yang dapat membantu mencegah diabetes.Catherine Peterson dari University of Missouri dan rekannya mempelajari 35 prediabetes pada anak-anak dan remaja yang sedang menjalani perawatan di university's Adolescent Diabetic Obesity Program. Semua memiliki kekurangan vitamin D serta memiliki diet yang sama dan tingkat aktivitas. Setengah dari peserta studi secara acak diberi suplemen vitamin D dosis tinggi atau plasebo setiap hari selama enam bulan.Penelitian, yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan mereka yang mempunyai kadar vitamin D yang cukup menurunkan jumlah insulin dalam darah mereka."Dengan meningkatkan asupan vitamin D saja, kami mendapat respon yang hampir sama kuatnya seperti menggunakan obat resep," kata Peterson yang dilansir Thirdage (27/3). Dia melihat penurunan kadar insulin, yang berarti kontrol glukosa makin baik, meskipun tidak ada perubahan berat badan, asupan makanan atau aktivitas fisik.Dosis vitamin D yang diberikan kepada remaja obesitas dalam penelitian ini adalah bukan sesuatu yang dianjurkan untuk semua orang, kata Peterson."Untuk para dokter, pesan utama dari penelitian ini adalah untuk memeriksa status vitamin D dari pasien obesitas mereka, "kata Peterson. Dengan menambahkan suplemen vitamin D pada diet mereka bisa lebih efektif untuk mengobati obesitas dan resistensi insulin yang terkait.
Baca juga :
90% Orang tidak sadar kalau terkena prediabetes
Hindari 7 makanan pemicu resistensi insulin!
Kelelahan bekerja sebabkan penyakit jantung
9 Mitos tidak benar tentang diabetes