Minyak zaitun sebabkan 5 efek samping ini, sudah tahu?

Senin, 14 November 2016 18:29 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Minyak zaitun sebabkan 5 efek samping ini, sudah tahu? Ilustrasi minyak zaitun. ©Shutterstock/Liv friis-larsen

Merdeka.com - minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak sehat karena rendah akan kolesterol jahat. Oleh karena itu bagi kamu yang sedang berdiet atau ingin menerapkan pola makan sehat, maka kamu disarankan untuk mengganti konsumsi minyak goreng dengan minyak zaitun.

Namun tahukah kamu bahwa konsumsi minyak zaitun juga bisa menimbulkan efek samping berikut ini?

Menyebabkan peradangan

Tingginya kandungan asam oleat di dalam minyak zaitun akan melepaskan lipopolisakarida dalam aliran darah yang kemudian berujung dengan munculnya peradangan.

Diare

Tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengonsumsi minyak zaitun bisa menyebabkan masalah diare karena kandungan lemaknya yang tinggi?

Penurunan tekanan darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi minyak zaitun menyebabkan penurunan tekanan dalam darah dan berujung dengan komplikasi kesehatan lebih lanjut.

Buruk untuk orang obesitas

Minyak zaitun bisa membawa akibat buruk untuk orang yang obesitas. Sebab terlalu banyak mengonsumsi minyak zaitun dapat menyebabkan munculnya batu empedu.

Alergi

Bagi mereka yang memiliki bakat alergi, minyak zaitun dapat menyebabkan alergi parah seperti dermatitis atau gangguan di saluran pernapasan.

Well, itulah beberapa bukti bahwa minyak zaitun tak selalu sehat untuk tubuhmu. Jadi, konsumsi dalam jumlah bijak ya! [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini