Menggoyang Kepala untuk Mengeluarkan Air Bisa Sebabkan Cedera Otak pada Anak

Minggu, 1 Desember 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Menggoyang Kepala untuk Mengeluarkan Air Bisa Sebabkan Cedera Otak pada Anak Ilustrasi Infeksi Telinga Anak. ©avivaromm.com

Merdeka.com - Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh seseorang ketika air masuk ke dalam telinga adalah menggoyang-goyang dan memukul kepala untuk mengeluarkan air. Cara ini umum dilakukan dan dianggap cukup efektif untuk mengeluarkan air dari telinga.

Mengeluarkan air secara cepat dari telinga merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu tidak segera mengeluarkannya, bisa terjadi infeksi dan bahkan kerusakan pada telinga.

Walau cara ini efektif, namun hal ini tak bisa diterapkan pada semua orang terutama anak-anak. Peneliti dari Cornell University dan Virginia Tech mengungkap bahwa menggoyangkan kepala seperti ini bisa menimbulkan kerusakan otak pada anak-anak.

"Penelitian kami terutama terfokus pada akselerasi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air dari saluran telinga," terang peneliti Anuj Baskota.

Selama percobaan, tim peneliti menggunakan tabung gelas dengan berbagai diameter untuk menyerupai saluran telinga. Peneliti menjatuhkan gelas tersebut ke mata air yang menyerupai dengan ketika anak menggoyang-goyangkan kepala untuk mengeluarkan air.

Baca Selanjutnya: Air Lebih Sulit Keluar dari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini