Kesepian paling Rentan Dialami Seseorang pada Usia 20-an

Jumat, 20 November 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kesepian paling Rentan Dialami Seseorang pada Usia 20-an Ilustrasi kesepian. ©ehiyo.com

Merdeka.com - Kesepian merupakan salah satu hal yang bis menjadi momok bagi kehidupan kita sehari-hari. Kesepian bahkan bisa menjadi masalah kesehatan serius yang mempengaruhi kebugaran serta usia kita.

Selama ini, kita kerap menyangka bahwa kesepian ini bakal lebih rentan dialami pada usia tua. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of California San Diego School of Medicine ternyata malah menemukan bahwa hal ini lebih rentan dialami pada usia muda.

Dilansir dari Medical Xpress, penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini melibatkan 2.843 partisipan dengan usia 20 hingga 69 tahun. Diketahui bahwa ternyata rasa kesepian lebih banyak dialami pada usia 20-an dan paling rendah pada usia 60-an serta terdapat peningkatan kedua pada pertengahan usia 40-an.

"Apa yang kami temukan merupakan hal-hal penyebab kesepian yang terjadi sepanjang hayat," terang peneliti Dilip V. Jeste, MD, Profesor dari UC San Diego School of Medicine.

Peneliti menyebut bahwa rendahnya empati serta kasih sayang, jaringan sosial yang kecil, tidak memiliki pasangan, serta gangguan tidur yang semakin besar merupakan penyebab kesepian pada seluruh rentang usia. Rendahnya kesadaran sosial, rasa percaya diri yang rendah, ketidakmampuan mengontrol motivasi, perilaku, serta tingginya kecemasan bisa memperburuk kesepian pada segala usia kecuali pada usia kisaran 60 tahun.

Hasil temuan ini mengonfirmasi temuan sebelumnya terkait hubungan antara kesepian dan kebijaksanaan yang dimiliki seseorang.

"Kasih sayng bisa menurunkan tingkat kesepian pada segala usia. Hal ini bisa membantu seseorang untuk secara akurat melihat dan memahami emosi orang lain disertai perilaku membantu orang lain, sehingga meningkatkan jaringan sosial," terang Jeste.

Baca Selanjutnya: Stres Tinggi di Usia 20-an...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini