Jangan langsung menggunakan baju yang baru dibeli! Kenapa?

Minggu, 19 November 2017 09:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jangan langsung menggunakan baju yang baru dibeli! Kenapa? Ilustrasi menjemur pakaian. © treasuredgarmentrestoration.com

Merdeka.com - Ketika kamu baru saja membeli baju, kamu pasti ingin langsung cepat-cepat memakainya. Sebab, baju tersebut terlihat masih bersih, tidak kusut, serta memiliki aroma baju baru.

Nyatanya, memakai baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu dipandang tidak baik dalam segi kesehatan. Alasannya?

"Terlepas dari kuman yang menempel di baju baru dan bisa masuk ke dalam tubuhmu jika kamu tidak mencuci sebelum memakainya, adanya bahan kimia yang ada dalam pakaian baru juga patut kamu pertimbangkan," ungkap penelitian ini.

"Hampir semua benang, kain, atau material lain dalam baju membutuhkan bahan kimia. Kontak langsung dengan bahan kimia ini bisa menimbulkan efek samping seperti ruam, gatal, dan serangkaian gangguan kulit lainnya. Apalagi jika baju tersebut diproduksi secara komersil. Bahan pewarna kimia seperti azo-anilin dan resin formaldehida sangat bisa menyebabkan iritasi kulit."

"Hal inilah yang membuatmu wajib mencuci pakaian baru sebelum memakainya agar kamu terhindar dari kemungkinan terkena ruam, infeksi, kutu, atau paparan zat kimia lain. Beberapa jenis pakaian baru yang wajib untuk kamu cuci sebelum dipakai adalah kaus kaki, baju dalam, atau baju renang." [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini