Ini Penyebab Kenapa Ibu Hamil sering Ngidam Makanan Asam

Rabu, 17 Agustus 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Penyebab Kenapa Ibu Hamil sering Ngidam Makanan Asam ilustrasi ibu hamil. ©www.livestrong.com

Merdeka.com - Pada masa-masa kehamilan, seorang wanita bakal mengalami permasalahan tak hanya secara fisik saja namun juga mental. Salah satu hal yang kerap dialami wanita pada saat hamil adalah munculnya keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu atau biasa disebut ngidam.

Walau ngidam ini merupakan hal yang normal terjadi, namun alasan dari munculnya hal ini belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Salah satu jenis makanan yang kerap diinginkan untuk dikonsumsi adalah makanan-makanan dengan rasa asam.

Dilansir dari The List, berdasar penelitian yang dipublikasi pada Frontiers in Psychology, ngidam makanan asam merupakan hal yang normal pada saat hamil. Hal ini bisa dikaitkan juga dengan gejala fisik yang dialami pada saat kehamilan ini.

Jika seorang ibu mengalami mual di pagi hari pada saat hamil, biasanya disarankan untuk mengonsumsi buah atau makanan yang asam untuk meredakan rasa mualnya. Keinginan untuk mengonsumsi makanan asam ini biasanya bakal tetap bertahan walau rasa mual ini telah hilang.

Keinginan untuk terus mengonsumsi makanan asam ini bisa terjadi karena makanan jenis ini bisa meningkatkan produksi air liur. Lebih lanjut, keluarnya air liur ini bisa membantu meredakan rasa mual yang muncul ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Asam dan Jenis Kelamin Bayi

Terdapat sejumlah mitos terkait kehamilan yang bisa muncul terkait bayi dan ibu. Hal ini termasuk jenis kelamin bayi yang dikandung terkait dengan jenis makanan yang diidamkan.

Dilansir dari WebMD, sejumlah mitos umum terkait jenis kelamin bayi ini adalah munculnya mual pagi hari terkait dengan jenis kelami bayi yang dikandung. Banyak yang percaya bahwa ketika kerap ngidam makanan asam maka seseorang tengah mengandung anak perempuan.

Pada makanan asam yang dikonsumsi, terdapat sejumlah yang perlu untuk diperhatikan. Pilihlah makanan asam dari bahan-bahan alami serta hindari konsumsi secara berlebih.

Baca juga:
Pentingnya Mengetahui Riwayat Kesehatan Sebelum Merencanakan Kehamilan
Ingin Cepat Hamil, Adakah Posisi yang Bisa Membantunya Terjadi Lebih Cepat?
Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan, Ini Cara Mengatasinya
Ketahui Sejumlah Kandungan Serum yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini