Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat saat Sering Menggunakan Lensa Kontak

Selasa, 9 Agustus 2022 17:49 Reporter : Wuri
Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat saat Sering Menggunakan Lensa Kontak Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat saat Sering Menggunakan Lensa Kontak. ©Shutterstock

Merdeka.com - Bagi yang memiliki masalah penglihatan, lensa kontak menjadi salah satu alternatif yang lebih banyak dipilih sebagai pengganti kacamata. Bentuknya yang menyerupai lensa dan digunakan langsung di mata memang dinilai lebih praktis. Berbeda dengan penggunaan kacamata yang harus bolak-balik memakai dan melepas kacamata.

Tapi, jika menggunakan dalam jangka panjang, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan mata. Sudahkah kamu melakukannya?

2 dari 3 halaman

Pastikan Tangan Bersih Saat Menyentuh Lensa Kontak

cara merawat mata agar tetap sehat saat sering menggunakan lensa kontak
©Shutterstock

Cara merawat mata yang sering menggunakan lensa kontak paling mendasar adalah memperhatikan penggunaan lensa yang aman dan tepat. Jadi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tangan saat menyentuh lensa kontak.

Pastikan cuci tangan dengan sabun terlebih dulu, karena bakteri yang ada di tangan bisa berpindah dari lensa kontak ke mata dan menyebabkan masalah pada indera penglihatanmu. Lakukan kebiasaan ini saat akan menggunakan atau melepas lensa kontak.

Jaga Kebersihan Lensa Kontak dan Wadahnya

cara merawat mata agar tetap sehat saat sering menggunakan lensa kontak
©Shutterstock

Hal paling penting untuk menjaga kesehatan mata adalah pastikan disiplin membersihkan lensa kontak yang digunakan. Gunakan cairan pembersih khusus, hindari penggunaan air biasa untuk membersihkannya karena dapat menjadi tempat pertumbuhan kuman yang menyebabkan infeksi pada mata.

Jangan lupa gunakan selalu cairan yang baru saat akan mencuci lensa kontak. Jika sebelumnya benda tersebut sudah direndam selama beberapa jam, tetap wajib mencucinya dengan cairan yang baru. Selain memperhatikan kebersihan lensa kontak, jangan lupa pastikan wadahnya selalu berada dalam keadaan bersih.

3 dari 3 halaman

Hindari Penggunaan Lensa Kontak Saat Bersentuhan dengan Air

cara merawat mata agar tetap sehat saat sering menggunakan lensa kontak
©Shutterstock

Jika melakukan aktivitas apapun yang membuatmu harus bersentuhan dengan air, jangan lupa untuk melepas lensa kontak terlebih dulu. Misalnya saja saat melakukan kegiatan seperti mandi, berenang, atau melakukan wisata yang berhubungan dengan air.

Penggunaan lensa kontak saat bersentuhan dengan air dapat memicu pertumbuhan bakteri Acanthamoeba dan Pseudomonas. Keduanya dapat mengakibatkan infeksi di area mata yang tentunya mengganggu kesehatan penglihatan.

Perhatikan Kondisi Mata agar Tidak Kering

cara merawat mata agar tetap sehat saat sering menggunakan lensa kontak
©Shutterstock

Penggunaan lensa kontak, terutama dalam waktu lama, cenderung membuat kondisi mata jadi lebih kering. Jadi, ada baiknya mulai memperhatikan kondisi mata dengan baik, misalnya saat harus berada dalam ruangan AC atau menatap monitor dalam waktu lama.

Disarankan juga untuk melepas lensa kontak saat naik motor, karena debu dan bakteri yang masuk bisa menyebabkan iritasi. Gunakan tetes mata yang disarankan dokter jika mata mulai terasa nggak nyaman ketika menggunakan lensa kontak.

Jangan lupa untuk mengikuti aturan penggunaan lensa kontak lainnya, seperti melepas lensa saat tidur karena memperbesar risiko infeksi. Dengan memperhatikan penggunaan yang tepat, kesehatan mata pun bisa terjaga dengan baik.

[wri]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Mata
  3. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini