Cara mengatasi kaki kram saat hamil

Selasa, 17 Juli 2018 11:01 Reporter : Achmad Fajar Muzakki
Cara mengatasi kaki kram saat hamil kaki kram. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Usia kehamilan yang semakin tua bisa menyebabkan sang ibu terkena kram pada bagian kaki. Hal ini tentu akan membuat sang ibu menjadi tidak nyaman. Karena selain bisa membuat jadi cepat lelah, hal ini juga bisa mengurangi waktu tidurnya.

Salah satu penyebab kaki kram adalah kurangnya kalsium, magnesium dan kalium menjadi penyebab kram otot. Selain itu, besarnya perut saat hamil juga mempengaruhi kram pada kaki saat hamil. Berikut ini cara mengatasi kram tersebut.

kaki kram 2018 liputan6.com

Ada beberapa cara untuk mengatasi kaki kram saat hamil, di antaranya adalah seperti di bawah ini:

- Saat kaki mulai kram , cobalah untuk meluruskan kaki perlahan-lahan. Cara ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

- Mengompres bagian kaki yang kram dengan air hangat, atau botol hangat.

- Mom juga dapat memijat lembut dan melakukan rileksasi dengan melenturkan telapak kaki ke arah dalam dan luar. Untuk melancarkan peredaran darah, anda dapat berjalan perlahan.


Makan pisang


pisang 2018 liputan6.com

Agar terhindar dari masalah kram kaki saat hamil, sering-seringlah mengonsumsi pisang. Pisang mengandung mineral kalium yang menurut Mayo Clinic, dapat mengurangi gejala kram otot.

Selain tips mengatasi kaki kram di atas, anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan menghindari kaki kram saat hamil. Pastikan anda untuk tidak terlalu lelah dan coba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri yang diyakini dapat memperlancar peredaran darah dari dan ke kaki.

Kram jelas bisa mengurangi kenyamanan bagi si ibu mengandung. Apabila terus terjadi dikhawatirkan juga akan berpengaruh pada si jabang bayi. Oleh karena itu semoga tips di atas bisa membantu anda supaya bisa mengatasi kram dan kehamilan yang lancar.

Sumber: Liputan6.com [mg2]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini