Benarkah Ketika Sedang Batuk Kita Pantang Mengonsumsi Es Krim?

Senin, 25 November 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Ketika Sedang Batuk Kita Pantang Mengonsumsi Es Krim? Ilustrasi makan es krim. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat seseorang tengah mengalami batuk, terdapat sejumlah hal yang biasanya disarankan untuk dihindari. Bagi banyak orang, konsumsi es krim biasanya merupakan sebuah hal disebut banyak orang harus dihindari. Namun, tepat kah hal ini?

Dr Karin Wiradarma, dokter yang aktif di Klikdokter serta berpraktik di rumah sakit dan klinik di wilayah Jakarta Utara ini mengatakan, konsumsi es krim saat batuk tak akan memperparah batuk. Namun, yang perlu diperhatikan lebih dulu adalah penyebab batuk tersebut.

"Sebenarnya sih (anggapan itu) keliru, kecuali kalau orangnya alergi dingin," ujar Karin ketika dihubungi via telpon.

"Sebenarnya batuk itu ada berbagai penyebab. Ada batuk yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Dan ada pula batuk karena alergi. Nah kalau batuknya disebabkan oleh virus atau alergi, enggak masalah (makan es krim). Namun, kalau batuknya karena alergi, terutama alergi dingin, itu memang bisa tambah parah," Karin menjelaskan.

Mengutip laman Parents, profesor dan konsultan divisi penyakit menular di Mayo Medical School, James Steckelberg, M.D, merekomendasikan mereka yang sedang pilek untuk minum atau makan produk olahan susu seperti sup krim, es krim, puding, atau susu karena dapat meredakan tenggorokan. Selain itu, produk olahan susu juga menambah asupan kalori pada pasien sehingga membantu asupan gizi bagi mereka yang tengah tak nafsu makan.

Baca Selanjutnya: Pahami Penyebab Batuk Sebelum Makan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Batuk
  4. Es Krim
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini