Benarkah Ada Waktu yang Paling Baik untuk Konsumsi Karbohidrat?

Sabtu, 22 Juni 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Benarkah Ada Waktu yang Paling Baik untuk Konsumsi Karbohidrat? sumber karbohidrat selain nasi putih. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Ketika coba menjaga berat badan ideal atau untuk menurunkan bobot, karbohidrat merupakan sebuah hal yang biasa dihindari. Walau begitu, karbohidrat sesungguhnya merupakan sebuah hal yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak boleh dihindari sepenuhnya.

Beberapa penelitian pernah mengungkap bahwa dibanding menghindari jumlahnya, lebih penting untuk memilih kapan waktu yang tepat mengonsumsinya. Satu hal yang paling penting adalah terlebih dahulu mengenali sumber karbohidrat tersebut.

Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar dan tenaga bagi tubuh. Karbohidrat ini sendiri bisa dibedakan jadi yang sederhana dan kompleks sehingga membedakan keduanya bisa membantu kamu menentukan pola makan apa yang paling cocok untukmu.

Karbohidrat sederhana berfokus pada satu atau dua molekul gula seperti madu, jus buah, gula, dan susu. Pada sisi lain, karbohidrat kompleks terdiri dari tiga atau lebih molekul gula seperti pada oats, quinoa, beras merah, dan ubi.

Jika kamu membutuhkan sumber yang tepat sebagai sumber tenaga sebaiknya konsumsi karbohidrat sederhana. Walau begitu, sebaiknya kamu tetap jangan berlebihan dan konsumsi secukupnya saja.

Dilansir dari Medical daily, disebut bahwa sesungguhnya memang terdapat waktu yang terdapat dalam mengonsumsi karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, sejumlah penelitian masih belum konsisten menyebut waktu yang tepat tersebut.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa karbohidrat seharusnya hanya dikonsumsi saat makan malam. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang mengonsumsi karbohidrat saat makan malam bisa mengalami menurunnya berat badan dibanding yang mengonsumsi karbohidrat setiap jam makan.

Hasil temuan penelitian ini sayangnya dipatahkan oleh penelitian lain. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 58 pria obesitas menyatakan bahwa mereka tetap bisa mengalami penurunan berat badan kendati mengonsumsi karbohidrat saat makan siang dan malam.

Penelitian lain mengungkap bahwa mengonsumsi karbohidrat di pagi hari lebih ideal untuk membakar lemak. Hasil ini tentu sangat berbahaya dibanding sebelumnya dan membutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahuinya.

Gaya hidup dan kondisi khusus masing-masing orang mungkin bisa jadi pertimbangan mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi karbohidrat. Hanya saka satu hal yang tampaknya menjadi catatan di sejumlah penelitian adalah membatasi asupan ini jika ingin menurunkan berat badan. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini