Apa Hal Terburuk yang Bisa Terjadi dari Gigitan Manusia?

Senin, 17 Juni 2019 16:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Apa Hal Terburuk yang Bisa Terjadi dari Gigitan Manusia? Ilustrasi Menggigit. ©Healthline

Merdeka.com - Baik untuk bercanda atau untuk melindungi diri, menggigit merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh manusia. Walaupun tak semenyakitkan gigitan dari hewan, gigitan manusia ternyata juga bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Dilansir dari Times of India, bahaya dari gigitan manusia ini muncul pasalnya mulut seseorang merupakan sarang dari sejumlah bakteri dan kuman. Ketika gigitan seseorang ini dilakukan secara intens dan menembus lapisan kulit, hal ini bisa menyebabkan infeksi.

Gigitan manusia ini bisa terjadi ketika gigi seseorang bersentuhan dengan kulitmu. Paling buruknya, gigitan seseorang ini bisa menimbulkan dampak sebagai berikut:

- Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah ketika kulit mengalami sobek atau pecah. Ketika gigitan mencapai kulitmu, adanya luka di kulit bisa menyebabkan kamu mengalami infeksi.

- Seiring waktu, kulit yang mengalami infeksi bakal menjadi lebih sakit alih-alih sembuh. Titik yang baru digigit menjadi lebih lembut atau bahkan bengkak.

- Ketika kamu melihat munculnya nanah di bekas luka, hal ini merupakan pertanda kamu mengalami infeksi.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika gigitan ini melukai kulit, bersihkan luka secara cepat di bawah air keran mengalir. Jika luka tidak tampak berhenti, tekan bagian tersebut dengan kain kering dan lembut.

Walau luka ini tampak tak seberapa, ingatlah bahwa perlu penanganan medis secepatnya. Bahkan mungkin juga kamu harus mendapat suntikan tetanus jika belum mendapat vaksin tersebut selama lima tahun terakhir. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini