6 Pola Makan yang Bisa Bantu Bakar Lebih Banyak Kalori

Rabu, 2 November 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Pola Makan yang Bisa Bantu Bakar Lebih Banyak Kalori Ilustrasi makan. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Membakar kalori merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling disarankan untuk membakar lebih banyak kalori ini adalah dengan berolahraga.

Selain olahraga, hal lain yang juga memiliki pengaruh besar terhadap pembakaran kalori adalah konsumsi makanan. Pola makan yang kamu miliki bisa berpengaruh terhadap pembakaran kalori ini.

Tubuh yang kelebihan berat badan, tidak hanya tak sedap dipandang namun juga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Bertambahnya berat badan juga bisa menyebabkan penumpukkan lemak di tubuh yang merupakan faktor risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta masalah kesehatan lain.

Perubahan pola makan perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pembakaran kalori pada saat olahraga. Hal ini juga bisa jadi cara awal yang pertama kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Sejumlah perubahan pola makan tertentu bisa berdampak baik terhadap pembakaran kalori ini. Dilansir dari Health Shots, berikut sejumlah perubahan pola makan yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan pembakaran kalori.

2 dari 4 halaman

Jauhkan Gangguan dan Hindari Makan Tengah Malam

1. Jauhkan Gangguan ketika Makan

Berdasar sebuah penelitian, diketahui bahwa seseorang yang mendengarkan musik dengan headphone ketika makan, mengonsumsi lebih banyak makanan dibanding mereka yang tidak mengalami gangguan saat makan. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, disarankan agar menghindari terjadinya gangguan ketika makan.

2. Hindari Makan Tengah Malam

Pada saat seseorang makan tengah malam, mereka cenderung mengonsumsi kudapan dan makanan tinggi kalori. Konsumsi makanan terlalu malam juga bisa berujung terjadinya refluks asam lambung serta berdampak buruk pada tingkat gula darah.

3 dari 4 halaman

Hindari Karbohidrat Olahan dan Seimbangkan Makanan

olahan dan seimbangkan makanan

3. Hindari Karbohidrat Olahan

Mengurangi konsumsi makanan bertepung dan tinggi gula bisa menjadi cara yang membantu membakar kalori. Konsumsi makanan rendah karbohidrat bisa membantu menekan nafsu makan serta menurunkan tingkat insulin.

4. Seimbangkan Makanan

Seberapapun besarnya keinginanmu untuk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan hindari makanamu secara besar-besaran. Pastikan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan terutama yang memiliki kandungan protein, lemak, sayur, dan karbohidrat kompleks.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Lemak Sehat dan Protein

5. Konsumsi Lemak Sehat

Jenis diet apa pun yang kamu jalani, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Walau begitu, lemak jenuh seperti mentega sebaiknya dikurangi konsumsinya dan diganti dengan lemak sehat dari minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, serta alpukat.

6. Konsumsi Protein

Selain lemak, protein juga merupakan jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan. Menambah konsumsi protein sehat dalam konsumsi sehari-hari bisa membantumu mempertahankan otot dan energi.

Sejumlah perubahan pola makan tersebut bisa kamu terapkan untuk membantu membakar kalori tubuh secara lebih cepat. Menyeimbangkannya dengan olahraga yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. [RWP]

Baca juga:
Mengenal Diet Rendah Karbo, Ketahui Manfaat dan Risikonya
Catat, Ini Bahaya Memakan Berbagai Makanan Mentah
Mengenal Diet Puasa atau Intermittent Fasting, Ampuh Turunkan Berat Badan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini