5 Makanan yang Bisa Membuat Ingusmu Jadi Meluber

Sabtu, 26 Oktober 2019 00:49 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Makanan yang Bisa Membuat Ingusmu Jadi Meluber Ilustrasi pilek. Shutterstock/milaphotos

Merdeka.com - Ketika sedang demam atau pilek, biasanya ingus bakal membanjiri hidungmu. Hal ini bisa sangat mengganggu dan membuatmu tak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Walau cukup mengganggu, namun keberadaan ingus di rubuh ini sebenarnya cukup penting. Hal ini dibentuk oleh sel khusus di tubuh untuk menangkap mikroba dan polutan lain sebelum mereka masuk melalui lubang hidung atau saluran pernapasan.

Walau begitu, hal ini juga bisa membuat hidung menjadi mampat, batuk-batuk, serta mata berair. Hal ini juga dapat membuatmu sulit bernapas. Keberadaan ingus dalam jumlah banyak bisa membuat seseorang mencium bau dan mengubah indera perasanya.

Produksi ingus yang terlalu banyak ini bisa disebabkan karena paparan iritan seperti bakteri, virus, dan polutan. Walau begitu, meningkatnya produksi ingus ini juga bisa disebabkan oleh makanan.

Makanan tertentu bisa membuat produksi ingusmu meningkat sehingga sebaiknya dihindari ketika sedang pilek. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa meningkatkan produksi ingus.

1 dari 5 halaman

Produk Olahan Susu

Menurut pakar, kasein dan laktosa yang ada di susu dan produk olahannya, bisa memicu munculnya ingus pada tubuh. Keberadaan gula menyebabkan keluarnya banyak ingus setelah mengonsumsi produk jenis ini.

2 dari 5 halaman

Kedelai

Mengganti susu sapi dengan alternatif seperti susu kedelai juga bukan merupakan pilihan yang tepat. Para ahli telah menghubungkan kedelan dan berbagai olahannya seperti tahu, tempe, miso, dan lain sebagainya dengan meningkatnya ingus dan lendir di tubuh secara berlebihan.

3 dari 5 halaman

Makanan Manis

Makanan manis terutama yang mengandung pemanis buatan seperti permen bisa meningkatkan produksi ingus di hidung dan saluran pernapasan. Hidung mampat yang terjadi karena meningkatnya kandungan gula di tubuh juga bisa mempengaruhi indera perasa seseorang.

4 dari 5 halaman

Minuman Berkafein

Minuman berkafein bisa menggandakan sel dalam tubuh sehingga menyebabkan munculnya ingus secara berlebih. Dibanding minuman berkafein, disarankan utnuk mengonsumsi air putih karena bisa meredakan dan mengurangi ingus di hidung dan saluran pernapasan.

5 dari 5 halaman

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Sel tubuh membutuhkan protein untuk memproduksi ingus. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan yang kaya protein sehingga bisa meningkatkan produksi ingus secara berlebihan.

Sejumlah makanan tersebut sebaiknya kamu hindari ketika sedang pilek atau demam. Mengurangi jumlah ingus yang diproduksi setidaknya mengurangi rasa tak nyaman yang muncul pada dirimu. [RWP]

Baca juga:
Kegemukan Ternyata Bisa Membuat Lemak Menempel Hingga Paru-Paru
Nyeri di Pinggang Tidak Selalu Menjadi Tanda Adanya Masalah Ginjal
Makanan Bakal Terasa Lebih Lezat ketika Sedang Lapar, Ini Penyebabnya
Benarkah Minum Obat Tanpa Air Bisa Munculkan Bahaya?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini