Zulkifli Hasan Sebut Muhammadiyah Adalah Orang Tua yang Melahirkan PAN

Senin, 14 Juni 2021 18:49 Reporter : Purnomo Edi
Zulkifli Hasan Sebut Muhammadiyah Adalah Orang Tua yang Melahirkan PAN Zulkifli usai melantik Ketua DPW dan DPD PAN DIY. ©2021 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Sejumlah tokoh PAN bersilaturahmi ke PP Muhammadiyah Yogyakarta. Rombongan PAN ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum, Zulkifli Hasan dan tampak mendampingi Ketua MPP PAN Hatta Rajasa dan Ketua DKP PAN Soetrisno Bachir.

Rombongan pengurus DPP PAN ini ditemui langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Sebelum bertemu Haedar, rombongan ini sempat pula bersilaturahmi ke Buya Syafii Maarif dan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Dalam pertemuan itu, Zulkifli sempat menyinggung hubungan antara PAN dengan Muhammadiyah. Dia menyebut Muhammadiyah adalah orang tua yang melahirkan PAN.

"Pertama, kami melapor kepada Muhammadiyah. Bagaimanapun Muhammadiyah adalah orang tua yang melahirkan PAN," kata Zulkifli, Senin (14/6).

"Alhamdulillah sekarang silaturahmi dan sinergi antara Muhammadiyah dan PAN semakin kuat. Kedua, kami selalu berkomitmen memperjuangkan aspirasi Muhammadiyah dalam politik, terutama di parlemen." sambung Zulkifli.

Dia menerangkan jika PAN akan terus menjaga amanat Muhammadiyah dan mengimplementasikannya dalam kerja-kerja politik. Selain itu, Zulkifli juga menilai pentingnya masukan dari Muhammadiyah.

"Saya akan instruksikan kepada seluruh kader PAN di parlemen maupun pengurus untuk menjaga amanat ini. Tampillah menjadi solusi untuk berbagai persoalan bangsa. Terus dengarkan masukan Muhammadiyah dan lainnya," urainya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir memaparkan jika Muhammadiyah memang tak bisa berpolitik. Karena kondisi ini, maka menjadi sebuah keniscayaan jika Muhammadiyah memerlukan panca indra politik, kaki dan tangan, di sanalah pentingnya sinergi Muhammadiyah dan PAN.

Haedar pun menyampaikan pesan agar PAN terus berperan mencegah polarisasi yang terus terjadi dan sengaja dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Mudah-mudahan PAN bisa tampil menjadi penengah, sesuai karakter politiknya yang moderat. Menjadi jembatan penghubung yang mencegah perpecahan bangsa," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini