Tiga Kartu Sakti Baru Jokowi Belum Dikenal, Ma'ruf Amin Janji Gencar Sosialisasi

Rabu, 3 April 2019 18:17 Reporter : Ahda Bayhaqi
Tiga Kartu Sakti Baru Jokowi Belum Dikenal, Ma'ruf Amin Janji Gencar Sosialisasi Maruf Amin kampanye di Lombok. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin bakal makin gencar melakukan sosialisasi tiga baru sakti baru gagasan Capres Jokowi. Sebab, hasil survei membuktikan bahwa tidak banyak masyarakat yang tahu tiga kartu baru yang diperkenalkan Jokowi.

Survei Indo Barometer mencatat, tingkat keterkenalan tiga kartu baru Jokowi hanya 31,76 persen. Hanya 40,5 persen yang tahu kartu sembako murah. Baru 27 persen yang tahu KIP Kuliah. Serta, hanya 27,8 persen yang tahu kartu Pra-kerja.

Survei tersebut dilakukan pada 15-21 Maret 2019 dengan jumlah responden 1.200 orang tersebar di 34 provinsi. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,83 dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Ma'ruf bakal terus mengenalkan kartu-kartu tersebut selama kampanye terbuka. Rendahnya pengetahuan masyarakat akan tiga kartu itu membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terhadap program pemerintah masih rendah. Padahal sudah dalam bentuk fisik yang memungkinkan dikenali masyarakat dengan mudah.

"Ya harus kita terus sosialisasi. Makanya pakai kartu saja masyarakat belum (dikenal), apalagi tidak pakai kartu," ujarnya ketika ditemui di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (3/4).

Meski demikian, kata Ma'ruf, bentuk fisik kartu belum tergantikan. Jika nantinya sebagian masyarakat sudah mengenal program kartu, maka pada tahap selanjutnya bisa berganti model. Semisal menggunakan aplikasi di ponsel pintar.

"Kalau nanti masyarakat sudah melek kartu melek digital nanti tidak perlu lagi pakai kartu cukup pakai handphone," ujar Ketum MUI itu. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini