Prabowo gantikan Alex Noerdin sebagai Pj Gubernur Sumsel

Rabu, 19 September 2018 17:05 Reporter : Irwanto
Prabowo gantikan Alex Noerdin sebagai Pj Gubernur Sumsel Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Alex Noerdin mundur sebagai Gubernur Sumsel karena maju sebagai calon DPR RI. Sebagai penggantinya, pemerintah pusat menunjuk Hadi Prabowo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel untuk dua bulan ke depan.

Hadi Prabowo saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penunjukan Hadi Prabowo itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 130/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Sumsel.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Sumsel, HM Yansuri mengatakan, Alex Noerdin mengajukan surat pengunduran sebagai Gubernur Sumsel telah diterima sejak beberapa waktu lalu, begitu juga dengan Ishak Mekki sebagai Wakil Gubernur Sumsel karena sama-sama maju sebagai calon legislatif.

"Pak Alex dan Pak Ishak mundur karena menjadi caleg. Surat pengunduran diri mereka sudah kita terima," ungkap Yansuri, Rabu (19/9).

Sebagai penggantinya, Mendagri menunjuk Hadi Prabowo sebagai Pj Gubernur Sumsel. Dia akan memimpin provinsi itu terhitung mulai 21 September hingga 7 November 2018.

"Nanti ada pelantikannya untuk Pj Gubernur Sumsel," kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan Gubernur Sumsel terpilih akan dilantik secepatnya sebelum pengesahan Rancangan APBD 2019. Hal ini untuk memberikan ruang bagi gubernur baru memasukkan program yang dijanjikan selama masa kampanye.

"Kita inginkan seperti itu, gubernur terpilih bisa memasukkan program ke APBD induk," terangnya.

Sementara itu, Alex Noerdin mengaku sudah mendengar informasi sosok penggantinya. Menurut dia, Hadi Prabowo orang yang tepat menduduki jabatan itu karena posisinyo saat ini sangat strategis di Kemendagri.

"Bocorannya ada 'jen' di belakangnya, bisa jadi Sekjen Kemendagri. Tunggu saja pelantikannya," kata Alex. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini