Pilgub Jabar: Peluang Ridwan Kamil & Gerindra Penguasa Tanah Pasundan

Senin, 8 Maret 2021 07:04 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Pilgub Jabar: Peluang Ridwan Kamil & Gerindra Penguasa Tanah Pasundan Ridwan Kamil Unggah Foto Masa Sekolah, Gaya Rambut dan Tulisan Tangan jadi Sorotan. Adrian Putra/Fimela.com

Merdeka.com - Pilgub Jawa Barat masih tiga tahun lagi. Riuh kontestasi sudah mulai terasa. Sejumlah partai politik telah mengungkap para bakal calon gubernur yang akan bertarung di Pilkada 2024.

Namun yang menjadi sorotan yakni dari kubu petahana, Ridwan Kamil. Pria karib disapa Kang Emil itu belum tentu kembali diusung oleh NasDem, PKB, PPP, Hanura dan PSI seperti Pilkada 2018. Terlebih, Emil bukan kader partai politik.

Kabar Emil akan masuk Golkar belakangan menyeruak. Tidak tanggung-tanggung, Emil disebut akan mengambil jabatan Ketua DPD Golkar Jabar yang kini dijabat Ade Barkah.

Ihwal rumor tersebut, Emil telah membantah. Dia hanya mengakui, ada sejumlah partai politik yang menawarkan dirinya untuk bergabung menjadi kader. Namun, belum dijawab.

"Yang bisa saya sampaikan begini saja, saya ini ditawari untuk memimpin partai di Jawa Barat ada beberapa. Tapi semuanya belum bisa saya penuhi, karena saya sedang berkonsentrasi penuh memastikan kerja gubernur jabar sesuai sumpah saya itu berjalan dengan baik dan lancar," kata Emil, Senin 22 Februari lalu.

Rumor Ridwan Kamil bakal masuk Golkar telah beredar sejak 2017. Bahkan sempat dijodohkan dengan Daniel Muttaqin. Kondisi internal Golkar yang tampaknya tak buat mulus jalan Emil gabung beringin kuning.

Saat masih menjabat wali kota Bandung, Ridwan Kamil juga pernah mengungkapkan niatnya untuk bergabung dengan partai politik. Kala itu, Emil menyatakan, telah meminta pertimbangan kepada sang ibu, untuk masuk partai. Dengan catatan, menang Pilgub Jabar.

ridwan kamil setelah pengambilan sample darah
©2020 Instagram Ridwan Kamil/editorial Merdeka.com

Sumber merdeka.com di sekitar Emil, sempat membocorkan, sang mantan walikota Bandung itu memang akan masuk Golkar pasca menang Pilgub Jabar 2018. Tapi hingga kini, keinginan itu belum terealisasi.

Hampir tiga tahun berlalu, status Ridwan Kamil saat ini masih belum dimiliki partai politik manapun.

Parpol pengusung Emil, seperti NasDem, PKB, Hanura, PPP dan PSI juga belum berani memutuskan bakal kembali mengusung Emil.

"Yang penting saat ini pak RK dan segenap gubernur yang ada bisa menuntaskan tugasnya dengan baik," kata Ketua DPP PKB, Daniel Johan.

Pada Pilgub Jabar 2017, Pasangan Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum mendapat 32,88 persen dukungan atau 7.226.254 suara. Sementara pesaing terberatnya yakni pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu mendapat 28,74 persen dukungan atau 6.317.465 suara.

Baca Selanjutnya: Gerindra Dua Calon?...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini