Mulai Bergerak Bulan Ini, Golkar Jatim Usulkan Airlangga-Khofifah di Pilpres 2024

Senin, 1 Agustus 2022 19:20 Reporter : Merdeka
Mulai Bergerak Bulan Ini, Golkar Jatim Usulkan Airlangga-Khofifah di Pilpres 2024 Airlangga Minta Kader Menangkan Golkar di Pemilu 2024: Sekarang Waktunya Berperang. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Muhammad Sarmuji menyatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mulai memperkuat konsolidasi di daerah. Rencananya pekan pertama Agustus 2022, KIB di Jatim mulai melakukan pertemuan.

"Kami memang akan memperkuat posisi KIB salah satunya di Jatim. Dan hampir di semua kabupaten/kota KIB sudah bertemu. Untuk acara besarnya menunggu jadwal yang tepat," kata Sarmuji saat dihubungi, Senin (1/8).

Perihal nama Capres yang akan didukung, anggota DPR tersebut menegaskan, tetap mengusung sang ketua umum, Airlangga Hartartio. Sementara, nama calon wakil presiden juga sudah mengerucut. Pihaknya mengusulkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Untuk capres memang kami akan mengusung Pak Airlangga. Untuk cawapresnya, dari DPD Golkar Jatim kami mengusulkan nama Khofifah," katanya.

Sarmuji menjelaskan, Khofifah memiliki basis massa yang jelas. Begitu juga, soal pengalaman Khofifah di bidang eksekutif sudah teruji.

"Beliau punya basis massa yang jelas. Dan pengalaman beliau di pemerintahan juga luas baik sebagai anggota DPR, menteri maupun gubernur," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur di Surabaya Sabtu (30/7) menghasilkan 3 nama calon presiden untuk diusulkan kepada DPP PAN.

Ketiga nama tersebut adalah Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan) Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

"Usulan nama capres tersebut merupakan akumulasi aspirasi kader PAN dari 38 Kabupaten/Kota yang sebelumnya telah menggelar Rakerda," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig usai Rakerwil.

Selain tiga tokoh di atas, nama-nama lain yang juga muncul dari akar rumput PAN Jatim adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa.

Menurutnya, munculnya nama Airlangga Hartarto dan Suharso Manoarfa yang merupakan ketua umum parpol KIB bisa jadi adalah dampak dari komunikasi intensif yang dilakukan partai KIB di Jawa Timur. [rnd]

Baca juga:
Hasil Musda V DPD Golkar Kota Bekasi Digugat ke Pengadilan Negeri
NasDem soal Dukungan JK di 2024: Secara Personal Dekat ke Anies Baswedan
Bakumham Golkar Laporkan Haris Pertama ke Bareskrim
Golkar: Di Berbagai Acara Partai, JK Sering Bilang Dukung Airlangga Capres
Golkar Klaim JK Dukung Airlangga Capres Bukan Anies, Ini Kata Sekjen PKS
Lamhot Golkar: JK Terang Benderang Dukung Airlangga 1000 Persen di Pilpres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini