Ma'ruf Amin Ungkap Alasan Ulama dan Tokoh Jabar Jadi Dukung Jokowi

Selasa, 26 Februari 2019 20:00 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ma'ruf Amin Ungkap Alasan Ulama dan Tokoh Jabar Jadi Dukung Jokowi KH Maruf Amin di Makassar. ©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyebut banyak ulama dan tokoh masyarakat Jawa Barat mendukung petahana Joko Widodo ( Jokowi) di 2019. Ma'ruf mengungkapkan isu yang dihembuskan ke Jokowi sejak 2014 tidak benar dan adanya perubahan yang masif ke arah positif.

"Setelah pak Jokowi jadi presiden dan memberikan banyak manfaat dan menunjukkan bahwa pak Jokowi tidak seperti yang diisukan selama ini. Isu itukan sejak 2014 dibangun, ternyata tidak seperti itu mulai berubah pandangan itu dan berbalik jadi mereka pun bisa menilai mana yang benar mana yang tidak benar," kata Ma'ruf di Kuningan, Jawa Barat, Selasa (26/2).

Sebagai catatan, pada Pilpres 2014 Jokowi yang didampingi Jusuf Kalla hanya mengantongi 9.530.315 suara atau 40,22 persen. Kalah dari lawannya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan suara 14.167.381 suara atau 59,78 persen.

Ma'ruf mengklaim pertemuannya, juga Jokowi dengan masyarakat dan tokoh Jawa Barat, mengubah konstelasi politik. Tren elektabilitas pasangan calon presiden 01, menurutnya terus meningkat.

"Karena itu di dalam rangka upaya memantapkan dukungan masyarakat ini saya maupun pak Jokowi banyak sering bersafari politik di Jawa Barat," kata Ma'ruf.

Mustasyar PBNU itu mengamini jika kunjungan ke Jawa Barat sekaligus menetralisir serangan hoaks yang masif. Namun, hoaks itu tidak hanya di Jawa Barat, tapi di daerah lainnya.

"Sambil kita menetralisir kampanye hitam itu bahwa itu suatu kebohongan itu hoaks itu tidak benar, sambil juga mereka kita dapat kita melakukan komunikasi dengan mereka biar mereka juga ingin bertemu dan bangga kalau bertemu dengan calon presidennya calon wakil presidennya," kata Ma'ruf.

Adapun dalam safari kali ini, Ma'ruf mendapatkan dukungan dari tiga pondok pesantren di Cirebon, yaitu ponpes Babakan Ciwaringin, ponpes Kempek, dan ponpes Buntet. Serta dukungan ulama, petani, dan nelayan di Kuningan, Jawa Barat.

"Kalaupun misalnya kayak di kemaren pesantren Buntet, belum apa apa mereka sudah membuat dukungan lalu mereka mengatakan kok gak pernah mampir ke sini, ya jadi itu suatu tuntutan, jadi kita pentingkan, pak Jokowi juga melakukan safari," tutup Ma'ruf. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini