Kubu Bamsoet Klaim Kantongi Dukungan 14 DPD I dan 383 DPD II

Jumat, 15 November 2019 18:49 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kubu Bamsoet Klaim Kantongi Dukungan 14 DPD I dan 383 DPD II Rapat Pleno Golkar. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - DPP Partai Golkar telah mengadakan Rapimnas sebagai persiapan Munas bersama 34 DPD tingkat I. Dalam rapimnas itu, mayoritas DPD I memberikan kembali memilih Airlangga Hartanto kembali menjadi ketua umum.

Kubu Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengklaim punya jumlah dukungan lebih banyak ketimbang Airlangga. Juru bicara Bamsoet, Andi Sinulingga mengklaim terdapat 14 DPD yang tidak mendukung Airlangga. Ditambah, 383 DPD tingkat II yang telah mendukung Bamsoet.

"Jumlahnya ada 14 ketua tingkat I yang sama kita, dan kemudian ada 383 yang sudah menyatakan dukungan dan konfirm. Bahkan kita sudah ambil, sudah kita peras lagi, kita buang lagi 50 lagi, kalau kemungkinan ada margin of error nya kita optimis bisa menang dengan raihan 330 suara pemilih, itu minimal," kata Andi saat jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (15/11).

Andi tidak merinci DPD-DPD I yang mendukung Airlangga. Dia hanya menyebut lima daerah. Yang paling jelas mendukung Bamsoet adalah Papua Barat. Sedangkan, Aceh, Jambi, Sumatera Barat dan Jawa Tengah juga mempertimbangkan calon lain di luar Airlangga.

1 dari 1 halaman

Yakin Pemilihan Caketum Lewat Voting

Dengan dukungan yang cukup banyak, Andi ngotot pemilihan ketua umum melalui pemungutan suara alias voting. Dia yakin kubu Airlangga telah memiliki hitungan terkait jumlah dukungan yang didapatkan.

"Bapak Airlangga Hartarto timnya juga menghitung itu, dan kita juga tahu bagaimana itung itungan mereka, karena memang tidak cukup alokasi itu,"ucapnya.

"Karena itu dibikin cara cara seperti ini (musyawarah mufakat), prinsipnya lagi lagi pemilihan itu harus dibuka dan dilakukan secara luber, langsung bebas rahasia," tandas Ketua DPP Golkar itu. [ray]

Baca juga:
Kubu Bamsoet: 5 DPD I Golkar Tidak Bulat Dukung Airlangga
Kubu Bamsoet: Aklamasi Tak Dicegah, Airlangga Jadi Ketum Golkar Seumur Hidup
Nusron Wahid: Tidak akan Aklamasi, Ada 4 Calon Tantang Airlangga di Munas
Ridwan Bae Tegaskan 17 DPD Golkar Sultra Solid Dukung Airlangga
Airlangga Disebut Didukung 28 Pengurus Provinsi di Munas Golkar

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini