Kubu Bamsoet: 5 DPD I Golkar Tidak Bulat Dukung Airlangga

Jumat, 15 November 2019 18:16 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kubu Bamsoet: 5 DPD I Golkar Tidak Bulat Dukung Airlangga Rapimnas Golkar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - DPD I Partai Golkar menyatakan mendukung pencalonan Airlangga Hartarto di Munas Golkar. 29 pengurus DPD provinsi disebut solid dukung incumbent dan mendorong musyawarah mufakat di munas awal Desember nanti.

Namun kubu Bambang Soesatyo melawan. Dia menegaskan, masih ada 5 DPD I Golkar yang tidak mendukung Airlangga. Sehingga kesempatan pemilihan voting di munas masih tersedia.

"Aceh, Papua Barat, Jambi, Sumbar, Jateng," kata loyalis Bamsoet, Andi Sinulingga kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (15/11).

Sejumlah pengurus daerah menyebut empat nama. Bukan hanya Airlangga, tapi juga Bamsoet, Indra Bambang Uyoto, Ridwan Hisjam.

"Papua sebut empat nama, Aceh juga sebut empat nama, kemudian Jambi juga sebut empat nama, Sumbar sebut empat nama, Jateng sebut empat nama. Dari situ saja sudah tahu itu tidak bulat ini," terang dia.

Belum lagi DPD II Golkar atau pengurus kabupaten kota. Dia meyakini, masih banyak yang mendukung Bamsoet.

"Enggak mungkin sama satu suara ini 514 kabupaten/kota, beda adat istiadat, beda semua keyakinannya kognisinya gimana mau sama," tutup Andi.

1 dari 1 halaman

Airlangga Diklaim Dukung 28 DPD Golkar

Airlangga Diklaim Didukung 28 DPD II

Sebagian besar DPD I Partai Golkar Provinsi se-Indonesia diklaim telah mendukung Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketum Partai Golkar dalam Munas beringin pada awal Desember 2019. Aspirasi itu disampaikan para Ketua DPD Golkar dalam pandangan umumnya di acara Rapimnas di Hotel Ritz Carlton kemarin.

Wakil Korbid Penggalangan Khusus DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, menyebut, yang secara eksplisit menyatakan dukungannya kepada Airlangga adalah DPD Kalsel, Jawa Barat, Sulut, NTT, Sumut, Riau, Kaltim, Lampung, Kalbar, Gorontalo dan DKI Jakarta.

Kemudian, ada Bengkulu, Jawa Timur, Sumsel, Yogyakarta, Sulbar, Banten, Sulteng, Kalteng, Jateng, NTB, Kaltara, Sulsel, Papua, Maluku, Malut, Babel dan Jambi. Total ada 28 provinsi yang disebut telah menyatakan dukungan terhadap Airlangga.

"Dukungan serupa juga disampaikan oleh organisasi sayap, KPPG dan AMPG, serta organisasi pendiri dan didirikan Partai Golkar seperti Kosgoro 1957, MKGR, HWK, AMPI dan Pengajian AlHidayah," kata Ace lewat keterangannya, Jumat (15/11).

Dengan itu, kata Ace, dukungan terhadap Airlangga semakin kuat untuk memimpin Golkar. Menurut Ace, mayoritas DPD menilai Airlangga telah berhasil membawa Golkar menjadi pemenang kedua Pemilu 2019 dan pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

"Secara keseluruhan, peserta Rapimnas menginginkan agar Munas yang akan digelar 3-5 Desember 2019 di Jakarta ini lebih mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat. Semangat musyawarah mufakat ini ditunjukkan untuk menciptakan soliditas di tubuh Partai Golkar," tuturnya.

[rnd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini