KPU Ungkap Alasan Tetapkan Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI Terpilih

Senin, 23 September 2019 15:13 Reporter : Merdeka
KPU Ungkap Alasan Tetapkan Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI Terpilih mulan jameela. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - KPU akan melantik Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. Keputusan itu diambil KPU berdasarkan keputusan Gerindra, sebagai partai yang menaungi Mulan Jameela.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, KPU mengeluarkan SK penetapan Mulan Jameela karena Gerindra, telah mengeluarkan keputusan pemberhentian atau pemecatan terhadap caleg yang awalnya mengalahkan Mulan. KPU sudah memverifikasi surat pemberhentian dari partai itu sebelum mengeluarkan SK.

"Kami sebelum mengambil tindakan, kami melakukan verifikasi dulu, kami melakukan klarifikasi Benar nggak ini surat ini dikeluarkan oleh partai, siapa yang tanda tangan, kami tanya kepada yang bersangkutan benar enggak tanda tangan. Setelah KPU meyakini, baru ambil sikap," ujar Arief di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Namun, Arief menegaskan bahwa yang terpilih untuk menggantikan caleg yang bersangkutan bukanlah kewenangan partai. Hal itu tetap ditentukan berdasarkan mekanisme suara terbanyak berikutnya.

Nama pun tidak bisa dilompat sesuai keinginan partai. Si pengganti haruslah seseorang yang memiliki suara terbanyak berikutnya.

"Kalau peraih suara terbanyak berikutnya enggak memenuhi syarat, berarti yang berikutnya (lagi). Kalau tidak bisa lagi berikutnya lagi, tidak bisa langsung lompat," ucap Arief.

"Melompat gak boleh. Tetapi harus ini gak memenuhi syarat, berarti berikutnya. Enggak bisa kalau memenuhi syarat langsung dilompat," jelas Arief.

Baca Selanjutnya: Tak Gunakan Aksi Jalanan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini