Khofifah unggul tipis di survei, kontribusi Emil bisa pengaruhi perolehan suara

Senin, 12 Maret 2018 18:15 Reporter : Mardani
Khofifah unggul tipis di survei, kontribusi Emil bisa pengaruhi perolehan suara Khofifah-Emil resmikan posko pemenangan milik seorang Gusdurian. ©2018 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Hasil survei Litbang Kompas menyatakan pasangan cagub cawagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistanto Dardak unggul tipis dari Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Khofifah-Emil meraih 44,5 persen, sementara Gus Ipul-Puti berada tipis di bawahnya dengan 44,0 persen.

Di survei itu, Khofifah-Emil unggul di empat dari enam zonasi wilayah Jatim. Peneliti CSIS, Arya Fernandez menilai Khofifah-Emil terus mengejar pasangan Gus Ipul-Puti. Kontribusi Emil Dardak di sejumlah wilayah memberi dampak suara terhadap pasangan nomor urut 1 itu.

"Sisi zonasi faktor-faktor politik masa lalu akan mempengaruhi pilihan Khofifah. Begitu juga dari sisi wakil kontribusinya mempengaruhi. Tingkat pengenalnya, tingkat keterpilihan personal, karena pertarungan personal. Faktor yang menemui faktor personal kandidat," kata Arya, Senin (12/3).

Arya menilai adanya kerapuhan pemilih dari kader atau simpatisan partai pendukung Gus Ipul. Sementara dukungan mesin partai Khofifah-Emil semakin solid.

"Pemilih ini otonom. Bisa saja mereka punya pilihan berbeda dengan dukungan partai mereka. Dalam banyak pilkada. Pemilh partai politik tidak linier dengan usungan partai. Karena pemilu kan otonomi punya metode sendiri punya penilaian sendiri. Bila terjadi posisi itu. Partai tidak punya kuasa 100 persen untuk menentukan pilihan, kader, simpatisan," katanya.

Dia menilai Khofifah yang notabene Ketum Muslimat NU akan terus mempengaruhi pilihan kader partai.

" PDIP dibawah 50 persen. Itu menarik sisi itu tidak mengakar. Puti diimpor dari Jawa Barat. Karena tidak mengakar di Jawa Timur. Sementara PKB tidak begitu optimal karena basis lari ke Khofifah. Kalau Khofifah ambil suara PKB itu akan membantu Khofifah," katanya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini