Gubernur Jateng usul kampanye Pemilu & Pilpres gunakan gambar kartun biar adem

Minggu, 23 September 2018 12:07 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Gubernur Jateng usul kampanye Pemilu & Pilpres gunakan gambar kartun biar adem Ganjar Pranowo. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan kartun-kartun lucu dan jenaka bisa ikut peran serta mendinginkan panasnya kontestasi politik Pilpres, dan Pileg 2019. Gambar kartun bisa memiliki banyak konten dan makna sebagai media komunikasi sosial dan politik.

"Kita ingin semua kontestasi kampanye parpol sampaikan pesan lewat kartun. Dengan gambar tersebut nantinya langsung mengena dan memberikan inspirasi bagi pengambil kebijakan atau pejabat publik. Jadi cukup dituangkan dalam sindiran gambar dan masyarakat bisa menginterpretasikan sendiri," kata Ganjar Pranowo saat menghadiri deklarasi damai pada pemilu Presiden dan Pileg di Lapangan Pancasila, Semarang (23/9).

Ganjar menyebut gambar yang diciptakan kartunis memiliki banyak konten dan makna. Misalnya, dalam bidang politik pemerintahan, bisa berisikan kritik maupun saran untuk pemerintah sehingga langsung mengena dengan nuansa jenaka.

"Yang dibutuhkan kampanye yang sejuk dengan menyampaikan pikiran dan membangun ide. Tanpa teriak keras kecerdasan akan diuji menjadikan politik dikritik melambung bisa menjaga perasaan," ungkapnya.

Dengan cara itu, ganjar yakin peserta kontestasi politik bisa bersaing tanpa menyebar kabar hoaks yang akhirnya membawa mereka berhadapan pada kasus hukum.

"Cara inilah yang praktis digunakan pada kampanye Pilpres, Pileg dengan begitu tanpa adanya serangan fisik, Jateng pada kampanye bisa aman terkendali," kata Ganjar Pranowo. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini