Gerindra soal Asman mundur dari posisi menteri: Bentuk ketaatan pada keputusan partai

Rabu, 15 Agustus 2018 20:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Gerindra soal Asman mundur dari posisi menteri: Bentuk ketaatan pada keputusan partai Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Sekjen Gerindra Ahmad Muzani angkat bicara soal mundurnya politisi PAN, Asman Abnur dari jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Muzani mengatakan keputusan Asman sudah tepat.

Sebab, Asman merupakan kader dari PAN, partai yang mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjadi capres dan cawapres 2019.

"Saya kira itu sebagai sebuah tata cara dan fatsun yang benar kan, seketika karena pak Asman itu kan sebagai menteri, di situ kan sebagai representasi dari koalisi PAN dengan pak Jokowi, kemudian dengan sekarang ini PAN itu tidak lagi mendukung pak Jokowi di dalam pencalonan Presiden," di kediaman Prabowo Jl Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (15/8).

"Oleh sebab itu kelanjutan atau dari konsistensi dari cara berpikir itu maka pak Asman mengundurkan diri. Saya kira itu bentuk ketaatan terhadap keputusan partai," sambungnya.

Muzani tak mengetahui apakah mundurnya Asman merupakan inisiatif pribadi dan bukan kemauan presiden Jokowi.

"Mungkin (permintaan Asman), saya tidak tahu sama sekali," ucapnya.

Berbeda dengan karier Asman di Kabinet Kerja, Soetrisno Bachir yang merupakan kader PAN berada dalam posisi aman. Soetrisno juga disebut Istana mendukung Jokowi sebagai calon presiden. Merespons itu, Muzani mengatakan semua orang punya kebebasan politik untuk mengambil keputusan politiknya.

"Masing-masing ada yang terikat dengan partai politiknya dan ada yang tidak terikat dengan partai politik, jadi saya pun menghormati pandangan dan pemikiran atas orang tersebut mengambil keputusan," tuturnya.

Muzani enggan menanggapi apakah Soetrisno Bachir berada di dua kaki dalam dukungan politik. "Sekali lagi saya menghormati pandangan dan pikiran orang yang berbeda pandangan dengan partainya," ucapnya.

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah memastikan bahwa Soetrisno Bachir tidak akan dicopot dari Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Sebab, Soetrisno tidak masuk dalam struktur PAN.

"Dan Pak Soetrisno saya mendengar sendiri Beliau mendukung Pak Jokowi," ucap Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8). [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini