Yenny Wahid Tak Masalah Tabloid Indonesia Barokah Jika Tak Langgar Asas Jurnalisme

Jumat, 25 Januari 2019 18:42 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Yenny Wahid Tak Masalah Tabloid Indonesia Barokah Jika Tak Langgar Asas Jurnalisme Yenny Wahid. ©2018 Merdeka.com/Hari Aryanti

Merdeka.com - Putri kedua Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yakni Yenny Wahid menanggapi terkait munculnya Tabloid Indonesia Barokah yang tersebar di masjid-masjid. Dia menilai jika dalam tabloid tersebut tidak melanggar asas jurnalisme tidak salah.

"Selama tidak melanggar asas jurnalisme, kalau saya patokannya asas jurnalisme, kalau asas jurnalisme tidak dilanggar maka memang konsekuensi dari liberalisme informasi ya itu, siapa saja bisa menerbitkan berita. Kaidah-kaidah news makingnya tetap dijaga," kata Yenny usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jumat (25/1).

Di luar kaidah jurnalistik, kata Yenny, tergantung yang bicara. Dia menjelaskan jika lawan politik seperti capres-cawapres Joko Widodo - Ma'ruf Amin otomatis akan mereka.

"Kalau lawan politiknya 02 otomatis akan 02. Itu menurut saya sudah suatu hal yang jamak dalam momen politik seperti ini, makannya harus dijaga adalah kaidah jurnalismenya," kata Yenny.

Namun jika hanya opini dan tidak berdasarkan fakta hal tersebut kata dia harus dihindari. Serta dibedakan sehingga tidak membuat kegaduhan.

"Tetapi kalau itu sifatnya adalah opini tidak berdasarkan fakta itu baru hoaks harus dibedakan," kata Yenny. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini