Wakil Bupati Garut: Tempat Wisata Rawan Penularan Covid-19

Jumat, 1 Januari 2021 05:02 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Wakil Bupati Garut: Tempat Wisata Rawan Penularan Covid-19 Irigasi di Garut Diubah Menjadi Tempat Wisata Asri. ©2020 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Wakil Bupati, Jawa Barat, Garut Helmi Budiman menyatakan tempat wisata rawan menjadi tempat penularan Covid-19 karena sulit menghindari kerumunan orang atau menjaga jarak, terutama saat musim libur seperti tahun baru yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan.

"Tempat wisata memang rentan, karena di sana itu kan ada antrean, kerumunan makan, saat ngambil karcis," kata Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Kamis.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak objek wisata yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah pada musim libur.

Pada musim libur Tahun Baru 2021 ini, Helmi mengimbau wisatawan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun untuk mencegah penularan Covid-19.

"Protokol kesehatan masih tetap diyakini efektif untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 ditambah imunitas harus terjaga," kata Helmi.

Ia mengungkapkan Kabupaten Garut berdasarkan hasil penilaian Pemerintah Provinsi Jawa Barat merupakan zona merah penularan Covid-19, termasuk di dalamnya kawasan wisata.

Dia berharap masyarakat tidak melakukan kegiatan wisata dan disarankan tinggal di rumah untuk menjaga kesehatan keluarga agar tidak tertular wabah Covid-19.

"Upaya-upaya untuk mengerem kami harap tahun baru sekarang diam di rumah saja," katanya.

Helmi juga berharap masyarakat tidak begadang saat malam pergantian tahun karena khawatir imunitasnya turun dan virus mudah masuk yang akhirnya bisa sakit.

"Malam tahun baru ini gunakan untuk istirahat yang cukup, gunakan untuk tidur, selalu bahagia dan kelola stres dengan baik," katanya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pariwisata Indonesia
  3. Garut
  4. Covid 19
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini