Uu tawarkan kerja sama pendidikan ke universitas unggulan di Belgia

Jumat, 9 November 2018 00:45 Reporter : Aksara Bebey
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum kunjungi Belgia. ©2018 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menawarkan kerja sama di bidang pendidikan dengan berbagai universitas di Belgia. Hal itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan formal di Jawa Barat.

Hal itu mengemuka saat Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum menggelar pertemuan dengan Vice Rector Gembloux University yang juga merupakan Dosen di University of Liege, Prof. Pascal Leroy. Kegiatan itu adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam kunjungan kerja ke Belgia.

Universitas Gembloux merupakan universitas di Belgia yang unggul di bidang Bio Teknologi, Humaniora, Sosial Sains, Sains dan Teknologi serta Kesehatan. Universitas ini juga menyumbang lebih dari 8.000 scientific publication dan papers setiap tahunnya.

Beberapa universitas ternama di Indonesia yang telah memiliki Kesepakatan Bersama dengan Universitas Gembloux, di antaranya Institut Teknologi Bandung (Fakultas Sains Terapan), Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana dan Universitas Pattimura.

Tawaran kerja samanyang disampaikan di bidang Kesehatan dan Keperawatan serta bioteknologi. Pasalnya, Provinsi Jawa Barat memiliki universitas unggulan lainnya seperti Universitas Padjadjaran dan Institut Pertanian Bogor yang dapat bekerjasama dengan Gembloux University.

"Hal ini merupakan upaya untuk mengakselerasi peningkatan kualitas dalam pendidikan formal di Jawa Barat yang harus berbanding lurus dengan pembangunan fisik dan ekonomi di Jawa Barat," ungkapnya melalui siaran pers yang diterima, Kamis (8/11/2018).

Hal ini disambut baik oleh Prof. Leroy yang juga menawarkan program PhD bagi warga Jawa Barat dengan tuition fee di bawah rata-rata. "Melihat Hubungan Bilateral antara Jawa Barat dan Wallonia yang semakin harmonis, kami mengundang mahasiswa asal Jawa Barat untuk mengambil program S3 di Universitas GEmbloux dan Universitas Liege dengan hanya membayar 1.000 Euro sampai dengan Perkuliahan selesai," kata Leroy.

Murahnya tuition fee di kedua Universitas ini merupakan komplimentary dari subsidi yang diberikan Pemerintah Belgia untuk Institusi Pendidikan tinggi di Belgia.

Wagub berharap implementasi kerja sama antara Jawa Barat dan Wallonia di bidang pendidikan dapat segera terwujud diantaranya melalui fasilitasi program S3 yang terjangkau ini. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini