Turap Baja Belum Dipasang, Jalan Gubeng Surabaya Batal Diuji Coba

Kamis, 27 Desember 2018 15:54 Reporter : Erwin Yohanes
Turap Baja Belum Dipasang, Jalan Gubeng Surabaya Batal Diuji Coba Uji coba Jalan Gubeng Surabaya batal dilakukan. ©2018 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Rencana pembukaan Jalan Gubeng untuk uji coba yang dijadwalkan Kamis (27/12) dibatalkan. Hal ini dikarenakan proses perbaikan pada sisi sebelah barat jalan, tepatnya di area proyek basement Rumah Sakit Siloam belum selesai.

Perbaikan yang dimaksud adalah pemasangan steel sheet pile (SSP) atau turap baja atau juga disebut sebagai konstruksi dinding dari baja untuk menyangga tanah di area galian agar tidak longsor.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengakui pihaknya menunggu pemasangan turap baja ini sebelum dilakukan uji coba pembukaan Jalan Raya Gubeng.

"Kita masih tunggu supaya dipasang terlebih dahulu steel sheet pile agar ada penahan tanah," jelasnya, Kamis (27/12).

Ia menambahkan, pemasangan turap baja diharapkannya bisa selesai dalam sehari. Dengan demikian, proses uji coba jalan dapat segera dilakukan. "Ini yang harus diantisipasi agar tanah tidak bergerak saat dilintasi kendaraan," ucap Rudi.

Sementara itu, Wakil Koordinator Proyek dari PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE), Deni Basturiah menjelaskan, proses pemasangan turap baja di sisi timur sepanjang Jalan Raya Gubeng yang ambles membutuhkan waktu sekitar lima hari.

Sementara untuk kepastian uji coba jalan pihaknya menunggu keputusan dari Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian PUPR. "Waktu pemasangan turap baja ini 5 harian. Rencananya komite akan datang melihat berapa lajur yang bisa dilalui kendaraan," ujarnya. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini