Truk Dilarang Beroperasi saat Natal dan Tahun Baru di Garut

Jumat, 20 Desember 2019 23:31 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Truk Dilarang Beroperasi saat Natal dan Tahun Baru di Garut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Suherman. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memberlakukan larangan truk angkutan barang seperti pasir atau bukan pangan beroperasi di jalan raya selama Natal dan Tahun Baru. Kebijakan ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas kendaraan di wilayah Garut.

"Mulai pukul 24.00 sampai 24.00 lagi truk tidak boleh beroperasi saat Natal, tidak terkecuali," kata Kepala Dishub Garut Suherman kepada wartawan di Garut dilansir Antara, Jumat (20/12).

Dia menuturkan, larangan itu sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan untuk melarang dan memberhentikan truk di jalan raya selama diberlakukan operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Pemerintah daerah telah menyiapkan kantong parkir bagi kendaraan truk. Sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang diprediksi akan terjadi kepadatan saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Ada kantong parkir di rest area tapi itu hanya diberlakukan satu hari saja saat Natal dan Tahun Baru," katanya.

Pemilik kendaraan truk diimbau untuk tidak mengoperasikan dulu kendaraannya selama satu hari libur Natal dan Tahun Baru itu.

Dia berharap ada kerja sama semua pihak agar arus lalu lintas kendaraan di wilayah Garut aman dan lancar tanpa hambatan.

"Kita juga siap siaga untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas selama pengamanan Natal dan Tahun Baru," katanya.

1 dari 1 halaman

Dia menambahkan, selain larangan operasi untuk kendaraan truk, Dishub Garut juga melarang angkutan umum untuk beroperasi apabila kondisinya tidak layak jalan.

Jajaran Dishub Garut, kata dia, secara intensif memeriksa kondisi kendaraan angkutan umum di Terminal Guntur untuk memastikan setiap kendaraan yang berangkat dalam kondisi layak jalan.

"Kita siagakan personel di terminal untuk memeriksa kelayakan kendaraan dan memeriksa surat-surat izin kendaraan," kata Suherman. [ray]

Baca juga:
Ini Jadwal Lengkap dan Ruas Jalan Pembatasan Mobil Barang Selama Libur Natal
Solo Masuk Daerah Rawan saat Natal, Ribuan Personel TNI-Polri akan Disiagakan
Lonjakan Penumpang Kereta Api Jelang Natal dan Tahun Baru
Pasokan Listrik Natal Hingga Tahun Baru di Banten Dipastikan Aman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini