TPU Kayu Manis Bogor Jadi Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Kamis, 26 Maret 2020 19:28 Reporter : Rasyid Ali
TPU Kayu Manis Bogor Jadi Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Corona Ilustrasi. ©2020 Merdeka.com/nur fauziah

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bogor menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi warga yang meninggal akibat corona (Covid-19) seluas 4,5 hektare di TPU Kayu Manis, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kepala UPTD Pemakaman Kota Bogor, Toto Gunarto menjelaskan, penyiapan TPU merupakan kebijakan dari Pemerintah Kota Bogor, bagi orang yang meninggal karena terpapar corona.

"Baik yang PDP maupun positif, dipusatkan di TPU Kayu Manis. Luasnya sekitar 4,5 hektare," kata Toto, Kamis (26/3).

Meski terdapat di pemakaman umum, namun ada protokol khusus dalam pemulasaraan jenazah pasien corona. Seperti lokasi penguburan harus berjarak setidaknya 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan warga sebagai air minum, serta berjarak 500 meter dari permukiman.

"Kedalaman lubang juga harus 1,5 meter lalu ditutup dengan tanah setinggi satu meter. Jika semua prosedur telah dijalankan dengan baik, pihak keluarga bisa turut dalam penguburan jenazah," jelas Toto.

Dia mengungkapkan, ada tiga jenazah PDP yang akan dimakamkan di TPU Kayu Manis hari ini, Kamis (26/3). Meski jenazah belum dinyatakan meninggal karena corona, karena masih menunggu hasil swab, petugas tetap mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dan proses penguburan.

"Kalau tenaga medis yang membawa jenazah kurang dari mobil ambulans, petugas penggali kubur yang ikut menggotong," katanya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini