Terlibat Kejar-kejaran dengan Polisi, Pencuri Sarang Burung Walet Ditangkap

Minggu, 13 Oktober 2019 14:01 Reporter : Saud Rosadi
Terlibat Kejar-kejaran dengan Polisi, Pencuri Sarang Burung Walet Ditangkap Pencuri sarang burung walet di Berau. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga Sambaliung, Berau, Kalimantan Timur berinisial RJ (35) dibekuk polisi dini hari tadi. Pria itu ketahuan mencuri sarang burung walet di KM 21 Jalan Poros Mangkajang, Sambaliung.

Polisi sempat kejar-kejaran di hutan hingga akhirnya pelaku RJ dilumpuhkan dengan timah panas.

Penangkapan dilakukan sekira pukul 02.00 WITA setelah Sabtu (12/10) malam penjaga sarang burung walet memergoki aksi RJ.

"Wakar itu kemudian melapor ke kita dan tim Reskrim kemudian ke lokasi," kata Kasat Reskrim Polres Berau AKP Rengga Puspo Saputro kepada wartawan, Minggu (13/10).

Berbekal informasi ciri pelaku dari wakar, polisi lalu menyisir lokasi dan menemukan pelaku. "Jadi dia (RJ) ini, sempat mengelabui kami berlagak seperti wakar kebun sawit. Padahal pelaku pencurian," ujar Rengga.

"Sempat kita kejar beberapa kali ke hutan dan kami tabrakan mobil ke motor pelaku. Mereka berdua, 1 kabur dan 1 lagi adalah pelaku RJ ini berhasil kita amankan, setelah kita lakukan tindakan tegas terukur karena dia bawa sajam dan kabur," tambah Rengga.

Di lokasi penangkapan, RJ mengaku memang telah mencuri sarang burung walet. "Barang bukti motor, lalu 1,5 kg sarang burung walet dengan nilai ekonomis Rp 30 juta dan peralatan mencuri seperti tang dan pisau, kita amankan," ungkap Rengga.

RJ kini meringkuk di penjara, setelah ditetapkan tersangka dengan jeratan pasal 365 KUHP. "Pelaku lainnya, teman tersangka RJ ini buron. Kita ketahui identitas pelaku yang kabur ini juga residivis kasus pencurian," tandas Rengga. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Berau
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini