Taufik Kurniawan tersangka, pimpinan DPR segera gelar rapat koordinasi

Selasa, 30 Oktober 2018 20:40 Reporter : Sania Mashabi
Taufik Kurniawan tersangka, pimpinan DPR segera gelar rapat koordinasi Diskusi Dana Kampanye Pileg. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku prihatin dengan ditetapkannya Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun 2016. Dia meminta semua pihak mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Sebagai sahabat dan teman Pak Taufik, saya prihatin, mudah-mudahan dugaan ini tetap kita pandang dengan kacamata hukum yang kita anut yaitu, asas praduga tak bersalah sampai ditetapkan oleh pengadilan," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/10).

Fahri mengaku akan berkoordinasi dengan pimpinan DPR lainnya terkait penetapan tersangka tersebut. Koordinasi dilakukan melalui rapat pimpinan besok (31/10).

"Kebetulan besok adalah paripurna terakhir di masa sidang ini. Jadi tentu besok sebelum selesai, kami akan mengadakan rapim setelah paripurna untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan," ungkapnya.

Pihaknya juga masih menunggu pengumuman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang penetapan Taufik sebagai tersangka. Dia juga akan mencoba bertemu dengan Wakil Ketua Umum PAN itu.

"Tentu kami akan menunggu selain pemberitahuan resmi tentang status Pak Taufik tentunya kita akan segera mengadakan rapat," ucapnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik menerima gratifikasi yang diberikan Rp 3,6 miliar atas pengurusan Dana Alokasi Khusus Kabupaten Kebumen pada APBN 2016.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan, DAK ini tepatnya Rp 100 miliar. Taufik Kurniawan memutuskan menerima lima persen dari pengunci proyek tersebut.

"Diduga TK Menerima Rp 3,6 miliar," kata Basaria di Gedung KPK, Jakarta , Selasa (30/10). [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini