Tangkap 3 kaki tangan bandar narkoba, BNN sita 38 Kg sabu & 15.000 butir ekstasi

Kamis, 8 November 2018 15:29 Reporter : Yan Muhardiansyah
Tangkap 3 kaki tangan bandar narkoba, BNN sita 38 Kg sabu & 15.000 butir ekstasi BNN tangkap 3 tersangka bandar narkoba. ©2018 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengembangkan penyergapan dan penembakan terhadap Burhanuddin (57), pemasok 105 sabu-sabu kepada anggota DPRD Langkat, Sumut. Mereka menangkap tiga tersangka yang menyimpan narkoba milik tersangka, dan menyita 38 Kg sabu-sabu dan 15.000 butir pil ekstasi.

Ketiga tersangka yang ditangkap yakni: Fauzi, Nurdin, dan Apali. Mereka ditangkap di kawasan Dusun Tualang, Peurlak, Aceh Timur, Kamis (8/11).

"Hari ini jam 8 pagi kita telah menangkap 3 tersangka yang lari dan bersembunyi di kebun dan rawa-rawa. Ketiga tersangka bertugas membawa dan menyimpan narkoba milik Burhanuddin (almarhum)," kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/11).

Dalam penangkapan itu, petugas menemukan dua karung berisi narkotik yang disembunyikan di hutan atau semak-semak. Benda itu ditutupi dengan dedaunan sebagai kamuflase.

"Jumlah yang disita 2 karung berisi kurang lebih 38 Kg sabu-sabu dan kurang lebib 15.000 butir pil ekstasi," jelas Arman.

Berdasarkan keterangan kedua tersangka, narkotika itu diselundupkan dari Pulau Pinang atau Penang, Malaysia. Penyelundupan yang memanfaatkan kapal penangkap ikan itu diatur Burhanuddin sebagai pemilik barang.

"Saat ini tersangka dan barang bukti sedang diperiksa dan dilakukan pengembangan oleh tim BNN," jelas Arman.

Sehari sebelumnya, Rabu (7/11), petugas BNN menembak mati, Burhanuddin. Warga Palong Glumpang Baro, Pidie, Aceh disergap setelah diburu karena disangka memasok 105 Kg sabu-sabu dan 30 ribu butir pil ekstasi dalam jaringan yang melibatkan anggota DPRD Langkat, Ibrahim Hasan alias Ibrahim Hongkong. Sementara Ibrahim l bersama 10 orang lainnya ditangkap di tiga lokasi di Langkat, Minggu (19/8) dan Senin (20/8). Dalan penangkapan itu, petugas menyita 105 Kg sabu-sabu dan 30.000 butir pil ekstasi kelas 1.

Ibrahim Hasan merupakan anggota DPRD Langkat dan mencalonkan diri kembali dari Partai Nasdem. Dia ditengarai sebagai orang yang merekrut kurir dan menyewa kapal. Bahkan ada yang menyebut dia sebagai pemilik narkotika dalam jumlah besar itu. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Narkoba
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini