Sumsel dinilai telah siap gelar Asian Games 2018

Selasa, 7 Maret 2017 19:32 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Sumsel dinilai telah siap gelar Asian Games 2018 Peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Politikus Golkar asal Sumsel, Tantowi Yahya menegaskan, Sumatera Selatan sudah siap menjadi penyelenggara perhelatan Asian Games XVIII pada 2018 nanti. Tantowi mengatakan, pembangunan fisik dan fasilitas venue untuk Asian Games rampung sesuai jadwal.

Menurut Dubes RI di Selandia Baru ini, adanya fasilitas venue olahraga yang berada di satu kompleks sangat menjamin kelancaran penyelenggaraan pertandingan. Bukan hanya itu, Sumsel pun telah menyediakan fasilitas menginap untuk atlet di wisma yang dekat dengan venue.

"Ini menjamin kelancaran dan kenyaman atlet dan official karena tidak harus melalui macet yang melelahkan," kata Tantowi dalam siaran persnya, Selasa (7/3).

Tantowi mengatakan, semestinya Sumsel mendapat porsi penyelenggaraan cabang olahraga (cabor) lebih banyak dibanding Jakarta. Dia pun menyatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) perlu mengkoreksi pembagian cabang olahraga tersebut.

Politikus Golkar ini menilai, seharusnya Sumsel mendapat porsi penyelenggaran cabang olahraga lebih banyak dari Jakarta. Dia meminta, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mau mengoreksi pembagian cabang olahraga tersebut.

"Seharusnya demikian. Karena, even olahraga multi cabang seperti Asian Games harus disaksikan oleh banyak penonton. Saya yakin betul animo masyarakat Sumsel jauh lebih besar dibanding Jakarta," pungkas mantan wakil ketua Komisi I DPR ini.

Diketahui, Sumsel sendiri hanya memperoleh jatah menggelar 10 pertandingan cabang olahraga pada pelaksanaaan even Asian Games mendatang. Sepuluh cabang olahraga itu di antaranya yakni kano/kayak, dayung, menembak, triatlon, sepak takraw, panjat tebing, sepakbola, bola voli, tenis dan bola basket.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin memperlihatkan kesiapan wilayahnya layak menjadi penyelenggara Asian Games 2018 di hadapan delegasi Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/ OCA) pada Minggu (5/3).

"Inilah kondisinya. Perwakilan OCA juga sudah melihat secara langsung persiapan yang kami lakukan," kata dia di Griya Agung, Palembang.

Ketua Komisi Koordinasi OCA Tsynekazu Takeda bahkan memuji persiapan Sumsel ketika berkunjung ke Jakabaring Sports City. "Kami mengapresiasi Palembang yang antusias dan berada dalam jalur yang benar untuk menjadi tuan rumah yang baik," kata Tsynekazu Takeda.

Sekadar Informasi, Asian Games 2018 akan diselenggarakan di Indonesia. Jakarta dan Sumsel akan menjadi tuan rumah dari acara olahraga terbesar se Asia tersebut. [rnd]

Baca juga:
Erick Thohir siap dibui jika terlibat korupsi dana Asian Games 2018
JK jadi Ketua Pengarah Asian Games, Luhut pimpin rapat IMFWorld Bank
Renovasi velodrome sudah 40 persen, hujan tak menjadi halangan
Ahok tinjau kesiapan infrastruktur Asian Games 2018
Persiapan Asian Games, pemerintah targetkan Indonesia masuk 10 besar
Menhub Budi sebut LRT Palembang diujicoba pada Asian Games 2018
Menko Puan cek persiapan Asian Games 2018, Velodrome sampai LRT

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Asian Games 2018
  3. Jakarta
  4. Asian Games
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini