Sudirman Said rayakan ultah di kantor PWNU Jateng, Ganjar minta ditraktir

Senin, 16 April 2018 20:04 Reporter : Dian Ade Permana
Cagub Jateng Sudirman Said rayakan ultah ke-55 di kantor PWNU Jateng. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said merayakan peringatan hari lahirnya ke-55 di Kantor Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, Senin (16/4). Hadir dalam kesempatan itu Ketua PWNU Jateng KH Abu Hapsin, Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh, cawagub Ida Fauziyah, serta sejumlah pengurus PWNU dan pimpinan lembaga otonom.

Sebelum pemotongan tumpeng, KH Ubaidillah memimpin doa agar Sudirman Said diberi kesehatan, keselamatan, dan keberkahan. Sudirman Said memotong sendiri tumpeng ulang tahunnya dan langsung memberikan kepada KH Ubaidillah Shodaqoh. Potongan kedua diberikan kepada KH Abu Hapsin. "Ini untuk pertama kalinya ada yang ulang tahun dirayakan di kantor PWNU," komentar Abu Hapsin.

Dalam kesempatan tersebut, Sudirman menjelaskan program kerjanya jika kelak terpilih memimpin rakyat Jateng. Dia akan fokus dalam tiga hal besar yakni memangkas kemiskinan dari 12,23 persen menjadi enam persen, menciptakan lima juta lapangan kerja, serta percepatan pembangunan Jateng melalui pemerintahan yang bersih.

Sudirman juga menegaskan, jika terpilih maka dia hanya akan menjabat selama satu periode. Karena mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tidak mau terjebak dengan tiga hal. Pertama jebakan popularitas. Yakni terus mengejar popularitas, sibuk mematut-matut diri di media sosial, sehingga lupa tugas utamanya.

"Persoalan tidak bisa diselesaikan hanya dengan foto-foto, selfie, kemudian mengunggahnya di media sosial. Menyelesaikan persoalan butuh ketekunan, kerja keras, dan kebersihan pemimpin," terang dia.

Jebakan kedua adalah korupsi. Kepala daerah yang akan maju untuk periode kedua biasanya akan berusaha mengumpulkan dana kampanye sebanyak-banyaknya guna memenangkan kontestasi. Dengan begitu akan mudah terjerumus dengan godaan memanfaatkan posisnya untuk mendapat dana kampanye.

Jebakan ketiga adalah penyalahgunaan kekuasaan. Dengan power yang dimiliki kepala daerah memiliki akses kepada informasi yang tidak diketahui umum melalui intelijen, punya akses ke penegak hukum, dan aparat keamanan.

"Itu semua bisa dijadikan sarana untuk menjatuhkan lawan politik. Jadi kalau saya inshaallah jadi gubernur, saya cukup satu periode saja," katanya lagi.

KH Abu Hapsin mendukung program-program yang baik. Menurutnya, Jawa Tengah memang perlu perubahan. Hal senada disampaikan KH Ubaidillah.

"Jadi kalau banyak rakyat Jateng yang miskin sebagian besarnya adalah warga NU. Kalau makmur, warga NU juga yang makmur. Jadi kami mendukung setiap program untuk mengentaskan rakyat miskin," imbuh KH Ubaidillah.

Ganjar minta ditraktir

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengucapkan selamat ulang tahun untuk pesaingnya, Sudirman Said. Namun ucapan itu tidak disampaikan secara langsung ke Sudirman Said.

Sebab, Ganjar tengah berkeliling ke Wonosobo dan Temanggung. Di Desa Reco, dia disambut lima ratusan petani tembakau di gudang milik Haji Muhajir. Masyarakat tembakau di Temanggung menyatakan mendukung kembali Ganjar Pranowo menjadi Gubernur Jateng 2018-2023.

Ucapan selamat ulang tahun untuk Sudirman Said diunggah ke berbagai media sosial Ganjar. Mulai dari Facebook, Instagram, dan Twitter. Ucapan disampaikan melalui video yang direkam ketika berkunjung ke Desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Senin (16/4).

"Pak Sudirman Said ini saya bersama teman-teman tim Ganjar-Yasin di Wonosobo. Kami tahu dari banyak media bapak hari ini berulang tahun, saya sampaikan selamat ulang tahun, panjang umur, sehat selalu, mudah rejeki, jaga kesehatan Pak karena lagi musim kampanye. Mudah-mudahan bapak selalu diberikan kebahagiaan, salam untuk keluarga. Kami ikut berbahagia pak, apalagi kami diajak ulang tahun makan bareng. Wah mesti lebih top. Salam untuk pak Sudirman Said sekeluarga, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Ganjar berharap suasana Pilgub Jateng yang adem ayem ini dapat terus berlangsung hingga pemungutan suara 27 Juni mendatang.

Sudirman Said berulang tahun pada 16 April. Dia dilahirkan 55 tahun lalu di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes. Dalam Pilgub Jateng 2018, dia berpasangan dengan kader PKB Ida Fauziyah. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini