Sudah Tiga Hari Banjir Rob Terjang Permukiman Warga Aceh

Sabtu, 7 Mei 2022 07:35 Reporter : Alfath Asmunda
Sudah Tiga Hari Banjir Rob Terjang Permukiman Warga Aceh Banjir rob melanda permukiman warga di Kabupaten Aceh Barat. BPBA©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Banjir pasang air laut atau banjir rob melanda pesisir pantai Kabupaten Aceh Barat. Banjir rob terparah melanda permukiman warga di Desa Pasir dan Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, sebanyak 121 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 512 jiwa di Desa Pasir terdampak banjir rob. Sementara Desa Ujong Kalak, BPBA belum mengeluarkan berapa data jumlah warga terdampak.

"Beberapa rumah warga (di Desa Pasir) masuk air laut. Ketinggian air berkisar antara 20 hingga 30 sentimeter," kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, Sabtu (7/5).

Banjir rob mulai melanda pesisir pantai Kecamatan Johan Pahlawan sejak Kamis (5/5) lalu. Di Desa Pasir, aktivitas warga mulai terganggu akibat air laut mulai masuk ke dalam rumah.

BPBD Aceh Barat sudah menyiapkan Tim Rescue jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengevakuasi warga.

Tim BPBD Aceh Barat juga telah turun meninjau lokasi terdampak itu, diketahui banyak warga masih bertahan dikediaman masing-masing. Namun ada berapa warga memilih mengungsi ke rumah kerabat yang juga berada di desa tersebut, yang rumahnya masih aman dari jangkauan banjir rob.

"BPBD Aceh Barat terus melakukan pemantauan rumah warga terdampak banjir rob ini," ujar Ilyas.

Berdasarkan pantauan Tim BPBD Aceh Barat di lokasi, ombak tampak sudah mulai mengecil. Akan tetapi limpahan air laut ke permukiman warga masih terjadi.

Baca juga:
Sri Mulyani Usul Pemda Demak Atasi Banjir Rob Pantura dengan Utang
Di Depan Sri Mulyani, Bupati Demak Minta Pemerintah Pusat Atasi Banjir Rob di Pantura
Banjir Kembali Landa Jember, 455 Warga Terdampak dan Tiga Rumah Rusak
BPBD Pamekasan Keluarkan Peringatan Dini Pasang Air Laut Maksimum
BMKG Prediksi Banjir Pesisir Terjadi di Lima Pulau NTT
Kondisi Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke yang Terendam Banjir Rob

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini