Sriwijaya Air Jatuh, KRI Kurau Temukan Serpihan Ban Hingga Celana Anak Kecil

Minggu, 10 Januari 2021 12:07 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Sriwijaya Air Jatuh, KRI Kurau Temukan Serpihan Ban Hingga Celana Anak Kecil Temuan Serpihan Sriwiijaya Air. ©2021 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Tim Kopaska TNI Angkatan Laut (AL) menemukan serpihan diduga milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dan pakaian. Temuan itu hasil penyisiran kapal KRI Kurau di sekitar lokasi jatuhnya pesawat untuk kemudian dibawa ke Posko JICT, Jakarta Utara.

"Tim Kopaska TNI AL dan tim penyelaman menyerahkan barang temuan ke KRI Kurau berupa serpihan ban, celana anak kecil warna pink, dan serpihan pesawat selanjutnya tim KRI KURAU menyerahkan ke Basarnas," kata Mayor Laut Komandan KRI Kurau, Nur Rohim, di JICT, Minggu (10/1).

Selanjutnya, temuan serpihan tersebut akan diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Kami mengambil properti berupa baju anak-anak warna pink, untuk serpihan pesawat kami serahkan ke KNKT," Kasubdit Dokpol Bidokkes Polda Metro Jaya Kompol Asep Yunardi di JICT.

Sebelumnya, Kabasarnas Marsdya Bagus Puruhito, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono ikut menyisir titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) kemarin.

Mereka berlayar menggunakan KRI John Lie dari Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Minggu (10/1).

"Hari ini melaksanakan tiga metode pencarian tadi seperti yang disampaikan oleh Panglima TNI bahwa titik atau koordinat atau daerah lokasi yang diduga sudah ditemukan hari ini," katanya di JITC, Jakarta Utara.

Selain menggunakan kapal, pihaknya juga memantau pencarian pesawat Sriwijaya Air menggunakan satu heli dari TNI AU dan dari Basarnas. Kemudian menggunakan kapal KRI Rigel dari TNI.

"Semalam sudah bergerak ada taruna jaya ada dari basarnas sendiri yang sudah bergerak kami menghaturkan terimakasih sekali kepada TNI," ucapnya.

"Dan stakeholder lainnya yang mendukung Basarnas. Mudah-mudahan hari ini ada perkembangan yang lebih baik seperti yang disampaikan kepada masyarakat," sambung dia.

Sementara, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga terjun mencari pesawat tersebut. KNKT mensurvei apa peralatan yang dibutuhkan agar pesawat Sriwijaya bisa ditemukan.

"Hari ini KNKT baru akan mau menuju lokasi mensurvei tempat kejadian nanti kita akan menplanning nanti peralatan apa yang kira-kira untuk beroperasi di daerah tersebut. Kita Fokusnya di situ KNKT pencarian," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini