Skenario Ridwan Kamil Siapkan Hotel untuk Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Minggu, 22 Maret 2020 21:57 Reporter : Adi Nugroho
Skenario Ridwan Kamil Siapkan Hotel untuk Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Corona Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dua hotel di wilayahnya siap disulap menjadi rumah sakit darurat untuk merawat warga yang terjangkit virus corona atau covid-19. Penggunaan hotel sebagai rumah sakit darurat hanya dilakukan jika jumlah pasiennya telah mencapai lebih dari seribu.

"Jadi, kita ada tiga skenario. Jika di Jawa Barat pasien positif seratus, seribu, dan di atas seribu," kata Ridwan Kamil di Bekasi pada Minggu (22/3).

Jika pasien positif berjumlah seratus orang hingga seribu orang, maka Rumah Sakit Hasan Sadikin yang awalnya dipakai satu lantai akan dipakai seluruhnya untuk merawat pasien Covid-19, rumah sakit ini akan dibantu 35 rumah sakit di Jawa Barat.

"Kalau pasien positif lebih dari seribu, sekarang sudah terdaftar dua hotel yang akan dikonversi, balai latihan yang ada wismanya, dan terburuknya panglima TNI sudah menyampaikan pusdik-pusdik dan tempat akan dikonversi menjadi tempat emergency. Tapi itu menunggu (jika sampai seribu lebih)," kata Kang Emil.

Sebagai langkah preventif pencegahan virus corona di Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerukan kepada masyarakat melakukan sosial distancing atau pembatasan jarak sosial atau gerakan di rumah saja.

Untuk mendeteksi orang yang terpapar, pemerintah akan melakukan tes massal. Pusat tes berada di Stadion Patriot Bekasi untuk warga Kota dan Kabupaten Bekasi dan Karawang. Kemudian Stadion Pakansari untuk warga Kota dan Kabupaten Bogor dan Kota Depok, sedangkan Stadion Si Jalak Harupat untuk warga Bandung dan sekitarnya.

"Tes menggunakan rapid tes, lewat pengambilan darah," kata dia.

Mekanismenya, masyarakat yang sudah terdata yaitu berstatus ODP, PDP berikut 50 orang terdekat yang pernah kontak erat didatangkan ke lokasi pengetesan. Tekniknya, mereka akan menjalani tes di atas kendaraannya atau layaknya drive thru, sehingga dipastikan tidak ada sentuhan fisik. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini