Sidang Umum Interpol bakal bahas masalah-masalah kriminal di dunia

Minggu, 30 Oktober 2016 13:41 Reporter : Annisa Mauliddiyah
Sidang Umum Interpol bakal bahas masalah-masalah kriminal di dunia Jenderal Tito Karnavian dilantik jadi Kapolri. ©2016 dok.biro pers setpres

Merdeka.com - Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut menyukseskan Sidang Umum International Criminal Police Organization (Interpol) ke-85 yang akan digelar di Bali pada 7-10 November 2016 nanti. Dia menjelaskan, pelaksanaan sidang Interpol tersebut begitu penting lantaran sidang tersebut akan membahas masalah-masalah kriminal di dunia.

"Yang dibahas masalah trans national crime, narkotik, masalah terorisme, illegal human trafficking, illegal fishing, masalah kejahatan lingkungan, kejahatan perbankan, dan lain-lain," ujar Tito usai acara kirab 190 bendera negara anggota Interpol di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (30/10).

Tito mengatakan, Polri memiliki komitmen yang cukup besar terhadap Interpol. Untuk itu, pihaknya turut bangga karena Indonesia akhirnya menjadi tuan rumah sidang umum Interpol.

"Karena ini sidang Interpol itu dilaksanakan hanya setahun sekali dan rotasi ada 190 negara. Jadi 190 tahun lagi (Indonesia akan jadi tuan rumah lagi). Selama 71 tahun bangsa Indonesia kita merdeka, ini adalah yang pertama kita melaksanakannya," ujar Tito.

Dia menjelaskan, pelaksanaan sidang Interpol tersebut begitu penting. Soalnya, sidang tersebut akan membahas masalah-masalah kriminal di dunia.

"Yang dibahas masalah trans national crime, narkotik, masalah terorisme, illegal human trafficking, illegal fishing, masalah kejahatan lingkungan, kejahatan perbankan, dan lain-lain," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sidang tersebut nantinya akan dihadiri oleh lebih dari 1000 kepala polisi dan penegak hukum dari 190 negara. Dia pun mengatakan, sidang ini merupakan sidang terbesar kedua setelah sidang majelis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Untuk itu, dia berharap, masyarakat Indonesia dari seluruh lapisan dapat ikut bekerja sama menjaga ketertiban agar sidang tersebut dapat berjalan dengan baik.

"Karena sidang ini juga berdampak terhadap image bangsa Indonesia di mata dunia," pungkasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini